Bagaimana wortel berkembang biak

Bagaimana wortel berkembang biak

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Secara umum wortel dapat berkembang biak, baik dengan cara generatif maupun vegetatif. Secara generatif, perkembangbiakan ini berlangsung dengan menghasilkan bunga dan mengalami pembuahan menjadi biji lewat penyerbukan. Sementara secara vegetatif, wortel berkembang biak tanpa melalui proses tersebut, dalam hal ini dengan cara menumbuhkan umbi akarnya.

 

Pembahasan

Perkembangbiakan Wortel Secara Generatif

Perkembangbiakan wortel secara generatif diawali oleh penyerbukan, yakni sebuah peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Penyerbukan ini sendiri dapat dibantu baik oleh angin, hewan, air, maupun manusia.

 

Setelah penyerbukan, peristiwa pembuahan atau fertilisasi pun terjadi, dimana sperma dan sel telur melebur. Peristiwa tersebut terjadi di dalam bakal buah dan akan menghasilkan biji.

 

Untuk menghasilkan biji maka tanaman workel harus melakukan penyerbukan pada bunganya. Penyerbukan terjadi dengan jatuhnya serbuk sari pada putik bunga.

 

Bunga-bunga tanaman wortel dapat diserbuk oleh sendiri atau secara silang. Penyerbukan silang dapat terjadi antara individu dari spesies yang sama atau bahkan antara spesies wortel yang berbeda.

 

Wortel adalah tanaman dua tahunan (biennial), yang berarti bahwa siklus hidup tanaman ini membutuhkan waktu 12 – 24 bulan untuk menyelesaikannya.

 

Pada tahun pertama, biji wortel berkembang menjadi tanaman dewasa. Kemudian pada tahun kedua wortel menumbuhkan bunga sehingga dapat melakukan penyerbukan dan menghasilkan biji. Oleh petani biji kemudian disemaikan hingga tumbuh menjadi benih dan ditumbuhkan menjadi wortel yang siap panen.

 

Perkembangbiakan Wortel Secara Vegetatif

Secara vegetatif, perkembangbiakkan vegetatif wortel adalah dengan cara menumbuhkan umbi akarnya. Umbi akar pada wortel adalah cadangan makanan yang nantinya akan tumbuh tunas baru, lalu tanaman induk akan layu.