Penderitaan bangsa Indonesia menimbulkan benih perlawanan di berbagai daerah

Penderitaan bangsa Indonesia menimbulkan benih perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hassanudin berasal dari

Penderitaan bangsa Indonesia menimbulkan benih perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hassanudin berasal dari

A. Sulawesi Selatan

B. Maluku

C. Goa

D. Lombok

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Daftar Isi

Jawaban

Penderitaan bangsa Indonesia menimbulkan benih perlawanan di berbagai daerah. Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan. Salah satu pahlawan yang bernama Sultan Hassanudin berasal dari Sulawesi Selatan (Jawaban A).

 

Pembahasan

Penderitaan rakyat yang diakibatkan kebijakan VOC dan pemerintah Belanda memunculkan benih-benih perlawanan di sejumlah daerah, salah satunya di Kesultanan Gowa. Perlawanan rakyat Gowa dipimpin oleh Sultan Hasanudin.

 

Sultan Hasanudin sendiri merupakan pemimpin Kesultanan Gowa yang lahir pada 12 Januari 1631 di Makassar, Sulawesi Selatan. Perlawanan Sultan Hasanudin disebabkan oleh blokade VOC terhadap Pelabuhan Somba Opu.

 

Blokade tersebut dilakukan karena keinginan VOC menguasai jalur perdagangan di wilayah Indonesia bagian timur. Perlawanan Sultan Hasanudin selanjutnya meletus pada tahun 1667-1668. Perlawanan Sultan Hasanudin berakhir dengan disepakatinya Perjanjian Bongaya.

Baca Juga:  Latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa-bangsa eropa ke asia adalah sebagai berikut, kecuali

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …