Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri terpisah dari alokasi waktu intrakulikuler

Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri terpisah dari alokasi waktu intrakulikuler

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri terpisah dari alokasi waktu intrakulikuler, benar atau salah?

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Projek penguatan profil pelajar pancasila dilaksanakan dengan alokasi waktu sendiri terpisah dari alokasi waktu intrakulikuler, Benar atau salah?

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban dan Pembahasan

Berdasarkan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang disampaikan oleh Kemdikbud terkait Kurikulum Merdeka belajar maka jawaban yang paling tepat adalah benar.

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila akan dijalankan terpisah dari mata pelajaran, namun mengambil sebagian waktu dari keseluruhan pembelajaran di satuan pendidikan.

 

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila menjadi penting dilaksanakan dengan alokasi waktu khusus guna memberi kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

 

Apakah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diampu oleh guru yang sama dengan guru mata pelajaran?

Projek penguatan profil pelajar Pancasila diajarkan secara kolaboratif (team teaching) oleh guru mata pelajaran dan guru kelas. Karena projek ini memiliki target utama pengembangan profil Pelajar Pancasila, maka semua guru, baik guru mata pelajaran maupun guru kelas perlu terlibat dalam perencanaan, pengajaran, dan asesmen.

 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi atas permasalahan di lingkungan sekitar. Proyek Peningkatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek pada program in-kurikuler di kelas.

Baca Juga:  Berikut ini yang merupakan acuan utama dalam pengembangan desain kurikulum adalah

 

Dalam kegiatan proyek ini, pelajar berkesempatan untuk mempelajari topik atau isu penting sehingga pelajar dapat melakukan tindakan nyata dalam menanggapi masalah tersebut sesuai dengan tahapan pembelajaran dan kebutuhannya. Proyek peningkatan ini juga dapat menginspirasi pelajar untuk berkontribusi dan mempengaruhi lingkungan sekitar.

 

Prinsip-prinsip utama dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila adalah inklusif, kontekstual, berpusat pada pelajar, dan eksploratif. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sangat bermanfaat bagi para peserta antara lain untuk memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga global yang aktif, melatih kemampuan pemecahan masalah dalam situasi yang berbeda, serta menunjukkan tanggung jawab dan ketertarikan terhadap isu-isu di sekitarnya.

Check Also

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali alat untuk menghasilkan nilai

Dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen ditempatkan sebagai berikut, kecuali

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal dalam pembelajaran dengan paradigma baru, asesmen …