Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut R. Moh. Ali

Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut

A. R. Moh. Ali

B. Kuntowijiyo

C. Ibnu Khaldun

D. R.G Collingwood

E. Sartono Kartodirjo

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut R. Moh. Ali (jawaban A)

 

Pembahasan

Pengertian Sejarah

Ada banyak ahli atau sejarawan di dunia ini yang jika disebutkan satu persatu tidak akan pernah habis jika dibahas secara satu persatu. Maka berikut akan dibahas secara singkat beberapa ahli atau sejarawan yang ikut berkontribusi dalam mendefinisikan arti dari sejarah:

  • G Collingwood atau memiliki nama lengkap adalah seorang filsuf dan seorang sejarawan yang berasal dari Inggris. Ia mendefinisikan sejarah sebagai sebuah penyelidikan tentang tindakan dan perilaku manusia yang pernah dilakukan pada masa lampau. Ia berpendapat bahwa pengertian sejarah dimaksudkan pada sejarah tidak bisa dilepaskan dari sifat ilmiahnya yang bersifat empiris dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  • Kuntowijoyo atau lengkapnya Prof. Dr. Kuntowijoyo merupakan seorang budayawan, sastrawan dan sejarawan yang berasal dari Indonesia. Ia mendefinisikan sejarah sebagai sebuah fakta yang bersifat diakronis, ideografis, unik dan empiris.
  • Sartono Kartodirjo memiliki nama lengkap Aloysius Sartono Kartodirdjo merupakan seorang sejarawan yang berasal dari Indonesia. Ia mengatakan bahwa sejarah adalah sebagai bentuk penggambaran pengalaman atau peristiwa atau kejadian yang pernah terjadi di masa lampau untuk dikolektif dan diungkapkan melalui aktualisasi atau menceritakannya kembali.
  • Mohammad Ali atau biasa dikenal dengan Moh. Ali tentang seorang sejarawan yang berasal Indonesia. Ia merupakan penulis dari buku Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia yang karyanya tersebut diterbitkan pertama kali pada tahun 1962. Dalam buku tersebut, beliau mendefinisikan sejarah sebagai ilmu dan cerita tentang sejumlah peristiwa atau kejadian yang terjadi disekitar kita.
  • Ibnu Khaldun atau memiliki nama lengkap Waliyudin Abdurrahman bin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Hasan bin Jabi bin Muhammad bin Muhammad bin Abdurrahman bin Khaldun merupakan seorang sejarawan dan filsuf islam yang berasal dari Tunisia. Ia mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang peradaban manusia atau catatan tentang manusia itu sendiri pada watak atau sifat masyarakat pada masa itu.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …