Kedatangan pasukan sekutu menimbulkan reaksi perlawanan oleh rakyat indonesia karena Membonceng tentara NICA

Kedatangan pasukan sekutu menimbulkan reaksi perlawanan oleh rakyat indonesia karena

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal kedatangan pasukan sekutu menimbulkan reaksi perlawanan oleh rakyat indonesia karena

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Kedatangan pasukan sekutu menimbulkan reaksi perlawanan oleh rakyat indonesia karena

A. Membonceng tentara NICA

B. Melucuti tentara Jepang

C. Mempersennjatai tentara Jepang

D. Membebaskan tahanan Jepang

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Kedatangan pasukan sekutu menimbulkan reaksi perlawanan oleh rakyat indonesia karena Membonceng tentara NICA (jawaban A).

 

Pembahasan

Kedatangan Sekutu ke Indonesia menjadi ancaman karena dalam formasinya banyak anggota Tentara Belanda/NICA yang pernah menjajah Indonesia.

 

Setelah Jepang menyerah dalam Perang Dunia II, pasukan Sekutu yang menang dalam perang tersebut datang ke india pada bulan Oktober 1945. Kedatangan pasukan Sekutu yang diwakili oleh Pasukan Sekutu India Timur (AFNEI) pada awalnya dianggap sebagai pasukan penjaga perdamaian. .

 

Misi AFNEI selama di Indonesia adalah melucuti senjata tentara Jepang yang menyerah pada Perang Dunia II dan membawa mereka pulang. Selain itu, tentara Sekutu juga bertugas membebaskan pasukannya yang menjadi tawanan perang Jepang.

 

Untuk itu, kedatangan Sekutu pada awalnya diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Namun, akses Sekutu ke Indonesia ternyata dibatasi oleh pasukan Belanda atau NICA. Karena itu, orang kemudian curiga bahwa pihak Sekutu telah mengizinkan Belanda untuk menduduki kembali Indonesia.

 

Rakyat Indonesia yang semula menyambut sekutu berbalik melawan mereka karena merasa terancam. Tindakan Sekutu di Indonesia memicu perlawanan dari masyarakat yang dipimpin oleh Al-Shabaab.

 

Tanggapan awal Sekutu terhadap perlawanan umum rakyat Indonesia adalah memberikan ultimatum kepada para pemuda untuk menyerahkan senjata mereka.

Baca Juga:  Bagaimana pendapatmu terkait kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia

 

Akibatnya, terjadilah konflik militer antara rakyat Indonesia dan Belanda, mulai dari Pertempuran Surabaya 10 November, Pertempuran Lima Hari Semarang, Agresi Militer I dan II, dan berbagai pertempuran lainnya.

Check Also

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah timur mengitari pantai barat Afrika.

Penjelajahan samudera diawali dengan adanya perjanjian tordesillas. Melalui perjanjian ini ditetapkan bahwa bangsa portugis berlayar ke arah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penjelajahan samudera diawali …