Hal utama ketika melakukan perencanaan dalam pameran seni rupa adalah Menentukan tujuan

Hal utama ketika melakukan perencanaan dalam pameran seni rupa adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal hal utama ketika melakukan perencanaan dalam pameran seni rupa adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Hal utama ketika melakukan perencanaan dalam pameran seni rupa adalah

A. Menentukan tema

B. Menentukan tujuan

C. Menyusun panitia

D. Menyusun proposal

E. Menyusun naskah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Hal utama ketika melakukan perencanaan dalam pameran seni rupa adalah Menentukan tujuan (jawaban B).

 

Pembahasan

Perencanaan pameran seni rupa

Rencana kegiatan panitia pameran dari awal hingga akhir dituangkan dalam format yang disebut proposal. Mengutip situs resmi Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, berikut adalah tahapan umum dalam merencanakan pameran seni rupa:

 

  1. Menentukan tujuan

Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam menyusun program pameran adalah terlebih dahulu menentukan tujuan pameran. Tujuan diadakannya pameran bisa bermacam-macam, antara lain untuk tujuan komersial, sosial, atau kemanusiaan. Untuk mengadakan pameran seni rupa di sekolah, siswa dapat berdiskusi dengan guru dan teman tentang tujuan diadakannya kegiatan pameran.

 

  1. Menentukan tema pameran

Tema pameran ditentukan setelah merumuskan tujuan pameran. Mendefinisikan topik memperjelas tujuan yang ingin dicapai. Memiliki tema dapat memperjelas misi dari pameran yang akan dilaksanakan.

 

  1. Pengaturan komisi

Panitia harus ada dalam organisasi panitia pameran. Tujuannya untuk mendukung kelancaran jalannya pameran agar berjalan lancar. Penyusunan struktur organisasi panitia pameran disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, kondisi dan keadaan sekolah. Secara umum struktur kepanitiaan pameran terdiri dari kepanitiaan inti yang dibantu oleh departemen-departemen. Pameran seni sekolah akan berjalan lancar dengan pembagian tugas yang jelas bagi panitia. Tujuannya agar setiap orang yang terlibat dalam panitia pameran memiliki rasa tanggung jawab dan kerja sama tim.

Baca Juga:  Contoh teater rakyat yang berasal dari riau adalah

 

  1. Pilih waktu dan tempat

Pameran yang diadakan bersamaan dengan pameran seni rupa di sekolah biasanya dilakukan pada saat tidak ada kegiatan pendidikan di dalam kelas. Seperti pada akhir semester atau tahun ajaran sebelum rapor dibagikan. Tujuan pengaturan waktu tersebut tidak mengganggu kegiatan pembelajaran. Bahkan bisa diikuti dan disaksikan oleh seluruh warga sekolah. Lokasi pameran ditentukan oleh keadaan sekolah, ukuran, jumlah dan karakteristik karya yang akan dipamerkan. Pameran dapat diadakan di ruang kelas, aula, gedung serbaguna, halaman sekolah, atau tempat lain di luar sekolah.

 

  1. Membuat jadwal kegiatan

Penyusunan jadwal kegiatan bertujuan untuk memperjelas waktu pelaksanaan bagi semua pihak yang terlibat dalam proses penyelenggaraan pameran. Agenda kegiatan disusun menjadi tabel dengan mencantumkan komponen jenis dan waktu kegiatan, biasanya dalam bulan, minggu, dan tanggal.

 

  1. Menyusun Proposal

Penyusunan proposal kegiatan sangat bermanfaat dalam kegiatan persiapan pameran. Proposal kegiatan dapat dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pameran. Proposal kegiatan juga dapat digunakan untuk mendapatkan pendanaan dari berbagai pihak. Untuk membantu kelancaran acara.

Check Also

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar model.

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu teknik …