Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok

Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Post Test Modul 2

Kabar gembira bagi para guru, karena artikel berikut ini akan mengupas jawaban dari pertanyaan Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih jenis pertunjukan musik yang akan dibawakan.

 

Daftar Isi

Pertanyaan

Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Post Test Modul 2

 

Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan yang akan ditampilkan.

 

Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan.

 

Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah

A. 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus

B. Musik dan vokal terdengar harmonis

C. Suara musik tidak mendominasi

D. Artikulasi dan nada tepat

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus (Jawaban A)

 

Pembahasan

Setiap satuan pendidikan dan tenaga pendidik akan menggunakan alur tujuan pembelajaran dan modul ajar yang berbeda, oleh karena itu untuk mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran, tenaga pendidik akan menggunakan kriteria yang berbeda baik secara kuantitatif maupun kualitatif sesuai dengan karakteristiknya:

  • Tujuan pembelajaran
  • Aktivitas pembelajaran
  • Asesmen yang dilaksanakan

 

Kriteria pencapaian tujuan pembelajaran diturunkan dari indikator penilaian tujuan pembelajaran yang mencerminkan pencapaian kompetensi tujuan pembelajaran.

 

Demikian jawaban dan pembahasan Pak Markus dalam merancang penilaian untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin para siswa mampu merancang sebuah pertunjukan seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih jenis pertunjukan musik yang akan dibawakan. Jawaban ini hanya sebagai acuan bagi guru dalam menyelesaikan Post Test Modul 2 Merancang Pembelajaran SD/Paket A.

Baca Juga:  Jika Dibandingkan Saat Ibu dan Bapak Guru Menjadi Murid Dahulu dan Murid-Murid Sekarang, hal apa saja yang berbeda?

 

Jawaban yang benar untuk pertanyaan Pak Markus adalah merancang penilaian untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin para siswa mampu merancang sebuah pertunjukan seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih jenis pertunjukan musik yang akan dibawakan. Ini tidak mutlak, sehingga tidak menutup kemungkinan ada jawaban lain yang benar.

Check Also

Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak

Dimensi-dimensi dalam profil pelajar pancasila dibangun sejak?

Artikel ini akan memberikan ulasan jawaban soal dimensi-dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dibangun sejak kapan. …