Sulur merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat. Berikut ini tumbuhan yang memiliki sulur dari modifikasi batang adalah anggur

Sulur merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat. Berikut ini tumbuhan yang memiliki sulur dari modifikasi batang adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sulur merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat. Berikut ini tumbuhan yang memiliki sulur dari modifikasi batang adalah

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Sulur merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat. Berikut ini tumbuhan yang memiliki sulur dari modifikasi batang adalah

 

Kunci Jawaban

Tumbuhan yang memiliki sulur dari modifikasi batang adalah anggrek, anggur.

 

Pembahasan

Pengertian Sulur

Sulur, atau dikenal sebagai cirrhus, merupakan suatu bentuk modifikasi pada batang, daun, atau akar tumbuhan yang memiliki struktur berbentuk spiral. Keunikan sulur ini terletak pada kemampuannya untuk membelit atau melilit benda-benda di sekitarnya.

 

Dalam dunia tumbuhan, sulur dapat berasal dari berbagai bagian seperti daun, batang, atau akar. Beberapa contoh sulur yang menarik dapat kita temui di alam sekitar.

 

Sulur yang berasal dari daun dapat ditemukan pada tanaman kacang kapri (Pisum sativum). Struktur spiral pada daunnya memungkinkan tanaman ini untuk melilit dengan elegan saat mencari dukungan di sekitarnya.

 

Tanaman anggur (Vitis vinifera) merupakan contoh lain dari sulur yang berasal dari dahan atau cabang. Sulur ini memiliki kemampuan untuk melilit dan membantu tanaman anggur melekat pada struktur pendukungnya.

 

Sulur juga dapat muncul dari akar, seperti yang dapat ditemui pada tanaman vanili (Vanilla planifolia). Sulur ini membantu tanaman vanili dalam merambat dan mencari tempat yang sesuai untuk tumbuh.

Baca Juga:  Bagian sel yang berfungsi sebagai pabrik untuk sintesis protein adalah

 

Keberagaman sulur dalam tumbuhan menunjukkan adaptasi yang menarik dan kecerdasan alam dalam menyediakan struktur yang mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup tanaman. Sulur tidak hanya memberikan manfaat fungsional bagi tanaman tetapi juga memberikan sentuhan estetika yang menawan dalam keragaman flora di sekitar kita.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …