Garis, bentuk, warna termasuk unsur-unsur dalam menggambar ragam hias

Garis, bentuk, warna termasuk… dalam menggambar ragam hias

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal garis, bentuk, warna termasuk… dalam menggambar ragam hias

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Garis, bentuk, warna termasuk… dalam menggambar ragam hias

A. Prinsip-prinsip

B. Jenis-jenis

C. Unsur-unsur

D. Rupa-rupa​

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Garis, bentuk, warna termasuk unsur-unsur dalam menggambar ragam hias (jawaban C).

 

Pembahasan

Unsur-unsur Ragam Hias

  1. Garis

Garis merupakan unsur utama yang selalu muncul dan selalu berperan dalam menentukan bentuk ragam hias. Garis adalah rangkaian titik-titik yang berimpit. Garis memainkan peran abstrak sebagai garis itu sendiri, dan sebagai bentuk ekspresi dari bentuk nyata. Ini sering ditemukan dalam perannya sebagai font itu sendiri, terutama pada motif abstrak. Dalam perannya sebagai pembentuk citra bentuk sebenarnya, sering dijumpai pada motif-motif (motif dekoratif).

 

  1. Bidang

Dalam desain, bidang dapat dibentuk dengan sapuan pensil atau sapuan kuas. Fields mungkin berupa titik-titik yang memiliki batas sebagai bagian dari tepi. Ukuran bidang sangat berarti dalam sebuah gambar atau desain. Itu membuat kesan dan memberikan bentuk tertentu yang merupakan bagian penting nanti dalam dekorasi.

 

  1. Tekstur

Tekstur adalah elemen desain yang dapat menampilkan beberapa karakteristik atau kesan yang menunjukkan halus, berbintik-bintik, buram, kasar, berbintik-bintik, dll. Sebagai ilustrasi dari sifat-sifat tersebut, kita dapat membedakan antara sifat permukaan kaca, amplas, batu, kayu atau sutra. dan bulu halus. Semua ini adalah kesan taktil yang bisa kita temukan dalam gambar atau desain ornamen. Penggunaan tekstur pada berbagai dekorasi memberikan kesan memperkaya tampilan, dan hal ini tentunya tergantung dari pengaplikasiannya. Banyak sekali barang dekoratif yang memanfaatkan elemen ini.

Baca Juga:  Kegiatan menanggapi karya seni untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan suatu karya seni disebut

 

  1. Bentuk

Bidang terjadi ketika garis ditarik dan kembali ke awal dan ketika bidang itu diatur dalam ruang kosong, bentuk dimensi terjadi. Seperti halnya level, bentuk juga bisa berupa bentuk geometris yaitu bentuk persegi, bentuk lingkaran, bentuk segitiga, dan juga bentuk bentuk bebas. Dari gambar-gambar ini, jika disusun, akan dibuat kubus, piramida, dll. Model dikatakan baik jika memenuhi tujuan dan memuaskan perasaan.

 

  1. Warna

Warna dalam elemen desain dekoratif memainkan peran penting. Pemilihan warna yang tepat pada desain ornamen dapat memberikan kesan indah, serasi dan serasi.

Check Also

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar model.

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu teknik …