Alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki fungsi memainkan unsur Iringan lagu

Alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki fungsi memainkan unsur

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki fungsi memainkan unsur

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki fungsi memainkan unsur

a. Rangkaian lagu

b. Ketukan atau hitungan

c. Notasi lagu

d. Iringan lagu

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Alat musik ritmis adalah alat musik yang memiliki fungsi memainkan unsur Iringan lagu (jawaban D)

 

Pembahasan

Alat musik ritmis berkaitan dengan alat musik yang melakukan fungsi pengaturan ritme atau irama dalam musik. Hal ini juga berkaitan erat dengan fungsi ketukan dan birama. Berbeda dengan alat musik pada umumnya, jenis ini tidak menghasilkan not musik sebanyak alat musik melodi.

 

Untuk itu, alat musik tanpa nada ini biasanya memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memiliki banyak tombol atau bagian khusus untuk mengatur nada. Oleh karena itu, alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak dapat menghasilkan nada, sehingga biasanya dimainkan dengan cara dipukul.

 

Kebanyakan alat musik ritmis dimainkan dengan cara dipukul, baik dengan cara dipukul langsung dengan tangan di permukaan alatnya atau dengan bantuan tongkat. Bagian kecil juga dimainkan dengan cara digoyangkan sehingga beberapa bagian saling berbenturan dan menghasilkan bunyi, contohnya Maracas. Namun ada juga yang dioperkan seperti alat musik berupa sepasang potongan kayu atau gading yang dioperkan menggunakan jari.

 

Alat musik ritmis melengkapi alat musik melodi dalam alat musik harmonik. Artinya, sebuah karya musik tidak akan harmonis jika hanya menampilkan instrumen melodi. Instrumen ritmis seperti drum atau cajon membuat mendengarkan lagu lebih menyenangkan daripada hanya menggunakan gitar atau piano. Demikian pula dalam musik tradisional, banyak alat musik ritmis yang juga menghasilkan nada-nada melodi.

Check Also

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar model.

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu teknik …