Pada jenis limbah berdasarkan sumbernya, terdapat enam jenis, yaitu limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian, limbah medis, limbah pertambangan, dan limbah pariwisata.

Sebutkan golongan limbah berdasarkan sumbernya

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal sebutkan golongan limbah berdasarkan sumbernya

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Sebutkan golongan limbah berdasarkan sumbernya

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pada jenis limbah berdasarkan sumbernya, terdapat enam jenis, yaitu limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian, limbah medis, limbah pertambangan, dan limbah pariwisata.

 

Pembahasan

Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, ada enam jenis limbah, yaitu limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian, limbah medis, limbah pertambangan, dan limbah pariwisata.

 

  1. Limbah Rumah Tangga

Sampah rumah tangga adalah sampah yang dihasilkan oleh aktivitas manusia di dalam rumah atau lingkungannya. Oleh karena itu, limbah rumah tangga disebut juga limbah rumah tangga. Misalnya, air cucian, piring, kendaraan, air sabun bekas mandi, kotoran manusia, plastik bekas, botol atau kaleng plastik, dan sebagainya.

 

  1. Limbah Industri

Limbah industri adalah limbah yang berasal dari sisa-sisa proses produksi di suatu industri. Seperti yang kita ketahui bahwa ada berbagai jenis industri. Oleh karena itu, limbah industri sangat beragam dan bergantung pada industri tempatnya beroperasi.

 

Misalnya pembuatan pakaian, limbah berupa sisa pakaian yang tidak bisa digunakan dan pewarna dari pakaian yang dapat mencemari lingkungan. Industri kabel listrik, limbah dari industri ini seperti kabel yang sudah tidak terpakai namun masih tertimbun di dalam tanah.

 

  1. Limbah Pertanian

Limbah pertanian merupakan limbah yang dihasilkan dari kegiatan pertanian. Umumnya, residu pertanian ini dihasilkan dari penggunaan pupuk dan pengendalian hama. Pasalnya, kedua bahan tersebut mengandung banyak bahan kimia yang dapat merusak ekosistem tanah sehingga kualitas tanah menurun.

Baca Juga:  Makanan yang dibuat khusus menggunakan resep baru berdasarkan pengolahannya disebut

 

Tidak hanya ekosistem tanah yang rusak, tetapi pemusnahan pupuk yang menggunakan pestisida dapat menyebabkan sayuran atau buah yang dihasilkan tidak layak untuk dikonsumsi, apalagi jika penggunaan pestisida berlebihan.

 

  1. Limbah medis

Limbah medis adalah limbah atau sampah yang dihasilkan dari fasilitas dan peralatan medis. Limbah medis ini dapat ditemukan di rumah sakit, klinik dan puskesmas. Limbah jenis ini jika dibiarkan terus menerus sangat berbahaya karena setiap alat kesehatan yang digunakan mengandung cairan tubuh seperti darah atau kontaminan lainnya.

 

Contoh limbah medis, seperti obat kadaluwarsa, sisa kemoterapi, sisa jaringan tubuh (otopsi, atau operasi), alat pengobatan bekas pakai, dan lain-lain.

 

  1. Limbah pertambangan

Limbah pertambangan merupakan limbah dari kegiatan penambangan. Pencemaran lingkungan akibat limbah pertambangan terlihat dari banyaknya logam dan merkuri yang berasal dari tailing proses penambangan. Contoh limbah pertambangan adalah arsenik, asap, asam sulfat, timbal, merkuri, merkuri, dan sejenisnya.

 

  1. Limbah pariwisata

Limbah wisata adalah apa yang berasal dari aktivitas manusia saat bepergian atau berwisata. Umumnya, sampah-sampah ini banyak ditemukan di lokasi-lokasi yang sering dikunjungi orang saat bepergian.

 

Misalnya asap dari sarana transportasi, sisa makanan dan minuman, dan masih banyak lagi. Dengan adanya limbah wisata, objek wisata tersebut berpotensi mencemari lingkungan.

Check Also

Bahan olahan pangan dari ikan teri terkenal dari daerah pesisir pantai seperti Nusa Tenggara Timur, Medan, Sumatera Utara

Bahan olahan pangan dari ikan teri terkenal dari daerah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi bahan olahan pangan …