Bentuk kritik berdasarkan isinya terbagi menjadi

Bentuk kritik berdasarkan isinya terbagi menjadi…macam

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal bentuk kritik berdasarkan isinya terbagi menjadi..macam

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Bentuk kritik berdasarkan isinya terbagi menjadi…macam

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Bentuk kritik berdasarkan isinya terbagi menjadi 4 macam yaitu kritik populer, kritik jurnalis, kritik keilmuan, dan kritik pendidikan.

 

Pembahasan

Jenis Kritik Seni

Jenis kritik seni dapat dibedakan berdasarkan pendekatannya. Seperti disebutkan sebelumnya, ada 4 jenis kritik seni, yaitu kritik populer, kritik jurnalis, kritik keilmuan, dan kritik pendidikan. Mengutip Kemdikbud, berikut jenis-jenis kritik seni yang perlu Anda pahami:

 

  1. Kritik Populer

Kritik populer adalah jenis kritik seni yang ditujukan untuk konsumsi masyarakat secara umum. Tanggapan yang disampaikan melalui jenis kritik seni ini biasanya berupa pengantar karya. Dalam penulisan kritik populer biasanya digunakan bahasa yang sederhana dan istilah-istilah yang mudah dipahami oleh masyarakat luas.

 

  1. Kritik Jurnalis

Kritik jurnalis adalah jenis kritik artistik yang dihasilkan dari tanggapan atau penilaian yang dikomunikasikan secara terbuka kepada publik melalui media. Kritik ini sangat mirip dengan kritik populer, tetapi ulasannya lebih dalam dan lebih tajam. Kritik jurnalistik dengan cepat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kualitas karya seni, karena sifat media dalam mengkomunikasikan hasil tanggapannya.

 

  1. Kritik Keilmuan

Kritik keilmuan adalah jenis kritik seni yang bersifat akademis dan membutuhkan wawasan, pengetahuan, kemampuan dan kepekaan untuk menanggapi sebuah karya seni. Kritik seni jenis ini biasanya disampaikan oleh seorang kritikus ternama yang keahliannya sudah teruji di bidang seni. Kritik yang disampaikan mengikuti prinsip atau metodologi kritik akademik. Temuan-temuan dari tanggapan kritik ilmiah sering dijadikan referensi bagi penulis karya ilmiah lain atau oleh kolektor, kurator, galeri, dan lembaga seni lainnya.

Baca Juga:  Penyajian musik secara bersama-sama dengan alat musik tertentu dan diaransemen secara sederhana disebut

 

  1. Kritik Pendidikan

Kritik pendidikan merupakan salah satu jenis kritik seni yang bertujuan untuk meningkatkan kepekaan seni dan estetika siswa seni. Kritik seni jenis ini umumnya digunakan oleh lembaga pendidikan seni untuk meningkatkan kualitas karya seni yang dihasilkannya. Pendidik seni biasanya menggunakan kritik seni pendidikan jenis ini dalam mata pelajaran pendidikan seni.

Check Also

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar model.

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu teknik …