Seni Rupa Terapan adalah jenis karya seni yang diciptakan dengan tujuan utama yaitu memberikan nilai fungsi atau nilai guna sebagai benda di bandingkan nilai estetisnya.

Apa tujuan pembuatan karya seni rupa terapan

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal apa tujuan pembuatan karya seni rupa terapan

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Apa tujuan pembuatan karya seni rupa terapan

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Seni Rupa Terapan adalah jenis karya seni yang diciptakan dengan tujuan utama yaitu memberikan nilai fungsi atau nilai guna sebagai benda di bandingkan nilai estetisnya.

 

Pembahasan

Seni rupa terapan adalah jenis karya seni yang diciptakan dengan tujuan utama memberikan nilai fungsional atau nilai guna sebagai suatu benda daripada nilai estetisnya. Itulah mengapa banyak kita jumpai seni rupa dengan nama lain seni terapan dalam kehidupan sehari-hari karena tidak hanya memiliki fungsi estetis tetapi juga fungsi praktis. Sehingga kesenian ini dapat memenuhi kebutuhan aktivitas kita sehari-hari.

 

Keutamaan fungsi praktis inilah yang membedakan seni terapan dari seni murni. Hal ini dianggap oleh banyak orang lebih sulit diterapkan daripada aplikasi murni yang lebih bebas tanpa harus mempertimbangkan fungsi dalam karya seni. Anggapan ini mungkin terdengar klise jika berbicara tentang seni karena karya seni dapat dinilai dari fungsinya yang beragam. Membuat beberapa papan bisa lebih sulit daripada membangun rumah.

 

Tergantung dari arti kata, aplikasi berarti aplikasi atau perwujudan dalam praktik yang dapat diterapkan. Sifat terapan karya seni adalah penerapan bentuk-bentuk fungsional untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh bentuk fungsional tersebut antara lain pakaian, perabot rumah tangga, peralatan makan, peralatan ibadah, dan peralatan pertunjukan.

 

Dalam menciptakan karyanya, seni terapan biasanya diawali dengan desain atau proses desain. Itulah sebabnya istilah desain sebenarnya berkaitan dengan seni terapan yang cakupannya luas, termasuk kerajinan, arsitektur, dll. Jadi dalam seni terapan juga terdapat berbagai jenis karya dengan nilai fungsional.

Check Also

Keramik yang berasal dari jawa tengah sebagian besar terbuat dari Tanah liat

Keramik yang berasal dari jawa tengah sebagian besar terbuat dari

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal keramik yang berasal dari jawa tengah …