UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha karena Diperlukan keterampilan agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang

UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha karena

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan kunci jawaban soal PPG Prajabatan 2023 dengan soal berikut UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha karena

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha karena

A. Pengembangan UMKM sangat penting dalam mendorong perekonomian Indonesia

B. Kemampuan yang baik dapat diperoleh oleh pelatihan-pelatihan yang disediakan  pemerintah

C. Mengembangkan kualitas sumber daya manusia adalah hal yang perlu diprioritaskan

D. Diperlukan keterampilan agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menjalankan usaha karena Diperlukan keterampilan agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan berkembang (jawaban D)

 

Pembahasan

Pengertian UMKM

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

 

Seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan No. 20 tahun 2008, sesuai pengertian UMKM tersebut maka kriteria UMKM dibedakan secara masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah.

 

Kriteria UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah)

Untuk mengetahui jenis usaha apa yang sedang dijalankan, maka perlu diperhatikan standarnya terlebih dahulu. Hal ini penting untuk digunakan dalam pengurusan perizinan usaha ke depan dan juga untuk menentukan berapa pajak yang akan dibebankan kepada pemilik UMKM.

 

Berikut adalah definisi UMKM dan kriterianya:

  1. Usaha Mikro

Pengertian usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh perorangan atau badan usaha sesuai dengan Standar Usaha Kecil.

Baca Juga:  Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan suratsurat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan

 

Usaha yang termasuk dalam kriteria usaha kecil adalah perusahaan dengan kekayaan bersih sampai dengan Rp50.000.000,00 tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha tersebut berada. Pendapatan penjualan tahunan maksimum untuk usaha kecil adalah Rp 300.000.000

 

  1. Usaha Kecil

Usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri atau berdiri sendiri, baik milik perorangan maupun kelompok dan bukan sebagai badan usaha anak perusahaan induk. Menguasai dan dimiliki serta menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari perusahaan menengah.

 

Usaha yang termasuk dalam kriteria usaha kecil adalah perusahaan dengan kekayaan bersih Rp50.000.000,00 dengan syarat paling banyak Rp500.000.000,00. Omset penjualan bisnis per tahun berkisar dari Rs.300.000.000 hingga maksimal Rs.2,5.000.000.000. -.

 

  1. Usaha Menengah

Pengertian usaha menengah adalah usaha dalam ekonomi produktif yang bukan merupakan cabang atau cabang perusahaan pusat, dan langsung atau tidak langsung merupakan bagian dari perusahaan kecil atau besar dengan kekayaan bersih bruto sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Perusahaan menengah sering digolongkan sebagai perusahaan besar dengan kriteria kekayaan bersih lebih dari Rp 500.000.000 sampai Rp 10.000.000.000 dan tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha tersebut berada. Hasil penjualan tahunannya mencapai Rs 2,5.000.000. Satu miliar hingga 50.000.000.000 rupiah. -.

Check Also

Bacalah teks dibawah ini! “Aku sangat senang sekali membaca buku. Terkadang karena keasyikan membaca, aku tidak mendengar teman yang berbicara kepadaku. Oleh karena itu aku dijuluki “si kutu buku”. Aku tidak marah dijuluki seperti itu. Kata ibu kutu buku itu artinya orang yang sangat gemar membaca buku

Bacalah teks dibawah ini! “Aku sangat senang sekali membaca buku. Terkadang karena keasyikan membaca, aku tidak mendengar teman yang berbicara kepadaku

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan kunci jawaban soal PPG Prajabatan 2023 Kemampuan Dasar …