Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali

Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Departemen Pendidikan Nasional tahun 2010-2014, untuk dapat memberikan pelayanan prima, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) yang dilakukan melalui pendayagunaan ICT di bidang pendidikan yang mencakup peran dibawah ini, kecuali

A. ICT Sebagai Substansi Pendidikan,

B. Alat Bantu Pembelajaran, Fasilitas Pendidikan,

C. Standar Kompetensi, Penunjang Administrasi Pendidikan,

D. Alat Bantu Manajemen Satuan Pendidikan, Dan Infrastruktur Pendidikan.

E. Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Pengembangan bakat dan daya kreativitas siswa (jawaban E)

 

Pembahasan

Pengertian ICT

ICT atau Information and communication technologies adalah istilah payung yang mencakup segala hal yang mencakup semua peralatan teknis untuk dapat memproses dan mengirimkan informasi penting.

 

ICT memiliki dua aspek penting, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi dalam hal ini mencakup banyak hal yang berkaitan dengan operasional, kegunaannya sebagai alat untuk membantu, mengolah dan mengelola informasi yang ada.

 

Di sisi lain, teknologi komunikasi merupakan berbagai hal yang erat kaitannya dengan penggunaan alat untuk dapat mengolah data dan juga mengirimkannya dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Untuk itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi merupakan satu kesatuan yang utuh.

Baca Juga:  Menurut data infografik, sumber bauran energi primer pembangkit listrik, di antaranya berasal dari

 

Untuk itu, teknologi informasi dan komunikasi memiliki arti yang sangat luas, yaitu berbagai aktivitas yang berkaitan dengan manipulasi, pemrosesan, dan transmisi informasi antara media dengan manajemen.

 

Peran ICT Dalam Bidang Pendidikan

Peran ICT dalam pendidikan sangat besar, sehingga pemerintah secara khusus membagi peran ICT di sekolah-sekolah modern. Berikut adalah beberapa peran ICT.

 

  1. ICT sebagai gudang pengetahuan

Peran pertama ICT adalah sebagai gudang pengetahuan. Artinya, sumber ilmu ICT banyak sekali, baik dari pengetahuan dasar, dalam pembelajaran di sekolah maupun sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran.

 

Dalam fungsi ini, Internet berperan besar sebagai sumber pengetahuan yang dapat diakses secara luas karena terhubung dengan berbagai perpustakaan digital, jutaan e-book, arICTel, majalah, dan masih banyak lagi.

 

  1. ICT sebagai alat pembelajaran

Peran kedua ICT adalah sebagai alat bantu pembelajaran. Artinya, sistem pembelajaran saat ini lebih mudah dioperasikan dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Tujuannya adalah untuk mempresentasikan dunia di dalam kelas dan mampu mempresentasikannya kepada semua siswa dengan menggunakan berbagai perangkat ICT, seperti multimedia dan berbagai media pendidikan yang diproses oleh komputer, seperti grafik, foto, gambar, poster, layar, dan media grafis lainnya. .

 

Selain itu, ini termasuk penggunaan video pendidikan, CD interaktif, presentasi multimedia dan e-learning.

 

  1. ICT sebagai sarana pendidikan

Peran ketiga ICT adalah sebagai fasilitas pendidikan. Dalam hal ini, teknologi informasi dan komunikasi digunakan sebagai tujuan yang mampu melengkapi fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan, khususnya berbagai fasilitas yang bernuansa elektronik, seperti laboratorium komputer, bahasa, ruang multimedia, studio rekaman audio, rekaman musik, video. rekaman produksi dan pengeditan, dan banyak lagi. banyak.

Baca Juga:  Pemanfaatan fasilitas internet dalam pembelajaran yang digunakan untuk berkorespondensi antara seseorang dengan lainnya di mana pun dan kapan pun meraka berada. Dengan fasilitas ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Fasilitas ini dapat pula mengirim lampiran berupa file yang berisi teks atau gambar. Selain itu, dengan fasilitas ini, pengguna dapat pula mengarsipkan suratsurat yang diangap penting dengan menyimpannya pada folder yang disediakan untuk itu disebut dengan

 

  1. ICT sebagai standar kompetensi

Peran ICT yang terakhir adalah standar kompetensi siswa. Artinya ICT dijadikan sebagai salah satu pelajaran yang saat ini kita kenal sebagai mata pelajaran ICT. Mata kuliah ini memiliki kriteria kompetensi tertentu.

Check Also

Bacalah teks dibawah ini! “Aku sangat senang sekali membaca buku. Terkadang karena keasyikan membaca, aku tidak mendengar teman yang berbicara kepadaku. Oleh karena itu aku dijuluki “si kutu buku”. Aku tidak marah dijuluki seperti itu. Kata ibu kutu buku itu artinya orang yang sangat gemar membaca buku

Bacalah teks dibawah ini! “Aku sangat senang sekali membaca buku. Terkadang karena keasyikan membaca, aku tidak mendengar teman yang berbicara kepadaku

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan kunci jawaban soal PPG Prajabatan 2023 Kemampuan Dasar …