Secara geologis indonesia bagian barat termasuk bagian dari benua asia hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kesamaan Jenis batuan

Secara geologis indonesia bagian barat termasuk bagian dari benua asia hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kesamaan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang sebuah soal yang menarik yaitu secara geologis indonesia bagian barat termasuk bagian dari benua asia hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kesamaan.

 

Mari kita simak bersama kunci jawabannya yang bisa Anda jadikan referensi

 

Daftar Isi

Soal

Secara geologis indonesia bagian barat termasuk bagian dari benua asia hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kesamaan

A. Jenis batuan

B. Mata pencaharian

C. Adat istiadat

D. Jenis tambang

E. Suku bangsa

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Secara geologis indonesia bagian barat termasuk bagian dari benua asia hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kesamaan Jenis batuan (Jawaban A)

 

Pembahasan

Letak geologis adalah letak suatu wilayah berdasarkan keadaan struktur dan komposisi batuan. Indonesia berada di jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia.

 

Berdasarkan sejarah geologi, wilayah Indonesia bagian barat adalah bagian dari Benua Asia, Indonesia bagian timur adalah bagian dari Benua Australia dan Indonesia bagian tengah adalah wilayah peralihan.

 

Sehingga, atas dasar itupula ada kesamaan struktur, komposisi maupun jenis batuan antara Benua Asia dengan wilayah Indonesia bagian barat. Sementara, terdapat kesamaan pula antara jenis batuan di Benua Australia dengan Indonesia bagian timur.

 

Di Indonesia bagian barat, terdapat berbagai jenis batuan yang mencerminkan keanekaragaman geologis wilayah ini. Berikut adalah beberapa jenis batuan yang umum ditemukan di wilayah Indonesia bagian barat:

 

  1. Granit: Granit adalah jenis batuan beku yang terbentuk dari pendinginan magma di bawah permukaan bumi. Batuan ini memiliki tekstur butir yang besar dan seringkali digunakan sebagai bahan bangunan dan hiasan dalam konstruksi.
Baca Juga:  Endapan tumbuhan dan hewan yang mati selama jutaan tahun akan membentuk

 

  1. Andesit: Andesit adalah jenis batuan beku vulkanik yang sering ditemukan di daerah-daerah pegunungan dan daerah vulkanik. Batuan ini terbentuk dari lava yang mengalami pendinginan cepat di permukaan bumi. Andesit memiliki tekstur yang padat dan berwarna abu-abu hingga coklat.

 

  1. Batugamping: Batugamping atau kapur adalah jenis batuan sedimen yang terbentuk dari endapan kerang, koral, dan organisme laut lainnya. Batugamping memiliki tekstur yang berlapis-lapis dan sering digunakan dalam industri konstruksi, pertanian, dan manufaktur.

 

  1. Batupasir: Batupasir adalah jenis batuan sedimen yang terbentuk dari endapan pasir dan kerikil yang mengalami proses pengendapan selama berabad-abad. Batupasir memiliki tekstur yang kasar dan umumnya berwarna cerah, seperti kuning, merah, atau coklat.

 

  1. Batulempung: Batulempung adalah jenis batuan sedimen yang terbentuk dari endapan lumpur dan tanah liat yang mengalami proses pengendapan dan pelapukan. Batulempung sering digunakan sebagai bahan baku dalam industri keramik dan genteng.

 

  1. Batubara: Batubara adalah jenis batuan sedimen organik yang terbentuk dari endapan tumbuhan yang telah terurai selama jutaan tahun. Batubara merupakan salah satu sumber daya alam yang penting dan sering digunakan sebagai bahan bakar.

 

  1. Batuapi: Batuapi adalah jenis batuan sedimen vulkanik yang terbentuk dari abu vulkanik yang mengendap dan mengeras. Batuan ini seringkali berpori dan ringan, sehingga digunakan dalam konstruksi ringan dan hiasan.

 

  1. Metamorf: Wilayah Indonesia bagian barat juga memiliki batuan metamorf, yang terbentuk akibat transformasi batuan yang sudah ada akibat tekanan dan suhu tinggi di bawah permukaan bumi. Contoh batuan metamorf adalah skist, amfibolit, dan marmer.

 

Keanekaragaman jenis batuan ini mencerminkan sejarah geologis yang kompleks di wilayah Indonesia bagian barat. Hal ini juga berdampak pada kekayaan sumber daya alam dan keindahan alam yang ada di wilayah ini

Check Also

Perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar belahan dunia merupakan contoh globalisasi dalam bidang budaya

Perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar belahan dunia merupakan contoh globalisasi dalam bidang

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu perayaan …