Mengapa sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan jelaskan disertai bukti

Mengapa sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan jelaskan disertai bukti

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu bagaimana perwujudan demokrasi di lingkungan sekolah

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Mengapa sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan jelaskan disertai bukti

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan karena sumber pangan lokal tidak memakai pestisida atau pupuk kimia lainnya karena dibudidayakan secara tradisional dan organik. Selain itu juga mengurangi adanya zat karbon yang mencemari lingkungan karena tidak diolah oleh industri pabrik dan jalur distribusi yang singkat. Contohnya sumber pangan lokal seperti sagu, singkong, kentang.

 

Pembahasan

Sumber Pangan Lokal

Sumber pangan lokal adalah sumber makanan yang ditemukan dan diproduksi di wilayah tertentu, biasanya dalam skala regional atau lokal. Sumber pangan lokal memiliki banyak manfaat, termasuk mendukung ekonomi lokal, mengurangi jejak karbon karena pengiriman jarak jauh, dan mempromosikan keberlanjutan lingkungan.

 

Contoh Sumber Pangan Lokal Di Indonesia

Beberapa contoh sumber pangan lokal di Indonesia termasuk:

Padi: Padi adalah tanaman pokok di Indonesia dan banyak ditanam secara lokal di berbagai daerah. Berbagai jenis nasi lokal dan varietas padi tradisional dapat ditemukan di seluruh negeri.

 

Sayuran dan Buah-buahan: Sayuran seperti kangkung, kacang panjang, dan bayam sering ditanam secara lokal di kebun-kebun rumah atau lahan pertanian kecil. Buah-buahan seperti mangga, rambutan, dan salak juga sering ditemukan di pasar lokal.

 

Ikan: Indonesia memiliki banyak sumber daya ikan yang melimpah. Ikan laut dan air tawar seperti ikan tongkol, ikan kakap merah, dan nila sering dipasok dari perikanan lokal.

Baca Juga:  Menggunakan iklan yang persuasif dalam mempengaruhi konsumen untuk menggunakan produknya merupakan salah satu strategi pada siklus hidup usaha tahap

 

Tahu dan Tempe: Produk kedelai seperti tahu dan tempe adalah sumber protein penting di banyak hidangan Indonesia. Mereka sering diproduksi secara lokal menggunakan bahan baku lokal.

 

Jamu: Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari rempah-rempah dan tanaman obat-obatan. Jamu sering diproduksi secara lokal dan digunakan untuk berbagai tujuan kesehatan.

 

Kopi: Kopi adalah salah satu produk ekspor unggulan Indonesia, terutama kopi arabika. Banyak petani kopi lokal yang menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi.

 

Makanan Khas Daerah: Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya sendiri. Contohnya, rendang dari Sumatera Barat, gado-gado dari Jawa Barat, atau makanan laut segar dari daerah pesisir.

 

Memanfaatkan sumber pangan lokal adalah cara yang baik untuk mendukung petani dan produsen lokal, mengurangi dampak lingkungan, dan mempromosikan keanekaragaman rasa dalam masakan tradisional. Selain itu, hal ini juga membantu menjaga keberlanjutan sistem pangan lokal dan mengurangi ketergantungan pada impor makanan dari luar negeri.

Check Also

Perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar belahan dunia merupakan contoh globalisasi dalam bidang budaya

Perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar belahan dunia merupakan contoh globalisasi dalam bidang

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu perayaan …