Tumbuhan air yang terapung di atas air mempunyai rongga antar sel yang berisi udara untuk mengapung di air.

Tumbuhan air yang terapung di atas air mempunyai rongga antar sel yang berisi udara untuk

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu tumbuhan air yang terapung di atas air mempunyai rongga antar sel yang berisi udara untuk

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Tumbuhan air yang terapung di atas air mempunyai rongga antar sel yang berisi udara untuk

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tumbuhan air yang terapung di atas air mempunyai rongga antar sel yang berisi udara untuk mengapung di air.

 

Pembahasan

Fungsi Rongga Antar Sel Tumbuhan Air

Tumbuhan air yang terapung di atas air mempunyai rongga antar sel yang berisi udara untuk memberikan mereka daya apung. Daya apung ini memungkinkan tumbuhan untuk tetap mengapung di permukaan air dan menjaga daun-daunnya agar tidak tenggelam. Rongga udara di dalam jaringan tumbuhan ini juga berperan dalam pertukaran gas, seperti oksigen dan karbondioksida, yang dibutuhkan dalam proses respirasi dan fotosintesis.

 

Rongga antar sel yang berisi udara pada tumbuhan air memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

Daya Apung

Rongga udara ini memberikan daya apung kepada tumbuhan air sehingga mereka dapat mengapung di permukaan air. Hal ini memungkinkan tumbuhan untuk menjaga diri dari tenggelam dan membantu mereka mengakses sinar matahari yang diperlukan untuk fotosintesis.

 

Pertukaran Gas

Rongga udara memfasilitasi pertukaran gas antara tumbuhan dan lingkungan sekitarnya. Udara yang terperangkap di dalam rongga ini memungkinkan masuknya oksigen yang dibutuhkan dalam proses respirasi dan keluarnya karbondioksida yang dihasilkan dalam proses tersebut.

Baca Juga:  Mengapa ulat berperan sebagai konsumen tingkat 1 dalam rantai makanan

 

Fotosintesis

Proses fotosintesis, di mana tumbuhan menghasilkan makanannya sendiri menggunakan sinar matahari, memerlukan akses ke sinar matahari dan pertukaran gas yang optimal. Rongga udara membantu dalam penyerapan cahaya matahari dan memastikan aksesnya ke sel-sel daun yang berada di bawah permukaan air.

 

Mengurangi Berat

Rongga udara membantu mengurangi berat total tumbuhan, sehingga mereka dapat mengapung dengan lebih mudah. Ini penting karena berat basah tumbuhan air mungkin cukup besar jika tidak ada rongga udara, membuatnya sulit untuk mengapung.

 

Penyimpanan Zat Buangan

Rongga udara juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan zat buangan atau sisa metabolisme, yang mungkin dapat mengganggu fungsi sel-sel tumbuhan jika tidak disimpan dengan baik.

 

Dengan demikian, rongga udara pada tumbuhan air memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan hidup tumbuhan di habitat air dan memungkinkan mereka beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …