Penyanyi perempuan yang mengiringi sajian musik gamelan disebut sindhen

Penyanyi perempuan yang mengiringi sajian musik gamelan disebut

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi penyanyi perempuan yang mengiringi sajian musik gamelan disebut

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Penyanyi perempuan yang mengiringi sajian musik gamelan disebut

 

Kunci Jawaban

Penyanyi perempuan yang mengiringi sajian musik gamelan disebut sindhen.

 

Pembahasan

Penyanyi perempuan yang mengiringi sajian musik gamelan dikenal dengan istilah “sindhen.” Sindhen merupakan sosok penting dalam pertunjukan gamelan, khususnya dalam tradisi Jawa. Peran sindhen tidak hanya sebagai penyanyi, tetapi juga sebagai pemberi nuansa dan emosi pada pertunjukan.

 

Sindhen menyanyikan tembang-tembang yang mengandung pesan-pesan kebijaksanaan atau cerita-cerita yang seringkali bermuatan nilai budaya. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengimprovisasi dan berinteraksi dengan pemain gamelan serta dalang (pengatur jalannya pertunjukan wayang kulit). Dengan suara yang merdu, sindhen menciptakan atmosfer yang khas dalam pertunjukan gamelan, memadukan keindahan musik dan sajian vokal yang khas.

 

Penyebutan sindhen dalam seni pertunjukan gamelan mencerminkan kekayaan budaya Indonesia, khususnya dalam seni musik dan pertunjukan tradisional. Keberadaan sindhen memberikan warna dan kekuatan artistik pada pertunjukan gamelan, menjadikannya salah satu unsur penting dalam warisan budaya Indonesia yang patut dilestarikan dan dihargai.

Baca Juga:  Kualitas warna bunyi pada seni musik disebut

Check Also

Kualitas warna bunyi pada seni musik disebut

Kualitas warna bunyi pada seni musik disebut

Kualitas warna bunyi pada seni musik disebut Jawaban Terverifikasi Ahli   Jawaban Kualitas warna bunyi …