Nilai rabaan suatu permukaan benda disebut Tekstur

Nilai rabaan suatu permukaan benda disebut

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal nilai rabaan suatu permukaan benda disebut

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Nilai rabaan suatu permukaan benda disebut

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Nilai rabaan suatu permukaan benda disebut Tekstur.

 

Pembahasan

Tekstur adalah nilai raba dari suatu permukaan. Definisi lain menyebutkan bahwa tekstur adalah gambaran tentang permukaan suatu benda. Dalam penerapannya, tekstur dapat mempengaruhi elemen visual lainnya yaitu kejelasan titik, kualitas garis, keluasan bidang dan ruang, serta intensitas warna.

 

Tekstur adalah pengaruh indra peraba dan indera penglihatan. Pahami bahwa tekstur berhubungan dengan kualitas sentuhan permukaan objek. Tekstur juga merupakan efek dari karya seni 3D.

 

Pada modul kuliah Pendidikan Seni Rupa dan Keterampilan terbitan Universitas Ahmad Dahlan, tekstur memiliki dua jenis, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu. Permukaannya bila dilihat kasar, tetapi bila diraba halus disebut tekstur semu. Sebaliknya, tekstur nyata adalah apa yang dirasakan atau disentuh dan dilihat menunjukkan hal yang sama.

 

Ahli dalam bidang ini, Sidik dan Prayitno, 1979: 26 menjelaskan bahwa tekstur adalah nilai rabaan pada suatu permukaan, baik itu nyata maupun semu. Tekstur adalah wujud nyata yang dapat dirasakan baik secara fisik maupun imajiner.

 

Teksturnya bisa halus, polos, kasar, halus, mengkilat, berkerut, halus, keras, dan masih banyak lagi. Masih melepaskan sumber yang sama, yaitu tekstur, bahwa setiap tekstur atau zat memiliki jenis khusus. Permukaan kulit kayu, batu, marmer, kaca, tekstil, anyaman bambu, dll. Masing-masing memiliki tekstur khusus.

Baca Juga:  Angklung dan gong termasuk jenis alat musik

Check Also

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar model.

Teknik menggambar yang sering dilakukan seorang perupa disebut menggambar

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu teknik …