Tumbuhan yang dijumpai di tepi pantai adalah Mangrove atau Bakau, Pandan Pantai, Kelapa, ketapang, cemara laut, waru laut, pohon stigi

Tumbuhan yang dijumpai di tepi pantai adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal tumbuhan yang dijumpai di tepi pantai adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Tumbuhan yang dijumpai di tepi pantai adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Tumbuhan yang dijumpai di tepi pantai adalah Mangrove atau Bakau, Pandan Pantai, Kelapa, ketapang, cemara laut, waru laut, pohon stigi

 

Pembahasan

Jenis Tanaman Pantai

Ada berbagai jenis tanaman yang diidentifikasi dan satu dikelompokkan berdasarkan habitatnya. Tidak mengherankan jika beberapa spesies tumbuhan memiliki bentuk morfologi dan fisiologis tertentu sesuai dengan tempat tinggalnya, dan salah satunya adalah kawasan pesisir atau pesisir.

 

Tidak semua tanaman dapat tumbuh di daerah pantai yang berpasir, berangin, asin, dan bersuhu tinggi. Berikut beberapa jenis tumbuhan yang dapat hidup di pantai :

 

  1. Pandan Pantai (Pandanus utilis)

Sepintas pandan pantai terlihat mirip dengan pandan yang biasa digunakan dalam masakan. Secara morfologi, pandan pantai memiliki bentuk daun yang panjang dengan ujung yang berduri.

 

Ukuran akar cukup besar untuk menopang tubuh tanaman. Ketinggian panda pantai cukup beragam, mulai dari 50 cm hingga 5 m. Bahkan di wilayah Papua, pandan pantai bisa tumbuh hingga 15 m.

 

2. Bakau / Mangrove (Rhizophora racemosa)

Pohon bakau atau bakau merupakan tanaman yang paling banyak dibudidayakan dan ditanam karena memiliki peran sebagai penghambat erosi di wilayah pesisir atau pesisir. Tak heran jika saat ini hutan mangrove banyak tersebar di kawasan pesisir, bahkan telah menjadi tempat wisata dan rekreasi.

Baca Juga:  Salah satu organ pernapasan yang berfungsi sebagai alat penyaring dan penghangat yaitu

 

Tumbuhan mangrove bercabang, akar bercabang dengan daun berbentuk lonjong, tebal, licin berwarna hijau dan runcing di ujungnya.

 

3. Kelapa (Cocos nucifera)

Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan kelapa, karena tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah pesisir atau pesisir. Menurut sejarah kelapa yang berasal dari pesisir Samudera Hindia di kawasan Asia, namun saat ini kelapa banyak tumbuh di kawasan pesisir tropis.

 

Pohon kelapa dapat mencapai ketinggian 30 meter dan dapat bertahan hidup 1000 meter di atas permukaan laut, meskipun pertumbuhannya tidak sebaik di daerah pesisir. Hampir setiap bagian tanaman dimanfaatkan oleh manusia, mulai dari akar, batang, daun hingga daging buahnya.

 

4. Ketapang (Terminalia catappa)

Ketapang merupakan tanaman yang dapat hidup di pesisir pantai dan dapat dijadikan tanaman peneduh karena memiliki tajuk berundak dan daun yang sangat lebar. Ketapang merupakan tanaman berkayu yang tingginya bisa mencapai 40 meter dan batang batu gemang bisa mencapai panjang 1,5 meter.

 

Bentuk daunnya seperti telur terbalik, di ujung ranting bertangkai pendek dan ujung lebar, mengecil dan meruncing di pangkal. Ketapang memiliki namanya sendiri, dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan almond Bengal, almond India, almond Malabar dan sebagainya.

 

5. Cemara Laut (Casuarina equisetifolia)

Seperti namanya, cemara laut atau cemara udang dapat bertahan hidup di daerah pantai atau pesisir karena dapat mencegah erosi dan tahan terhadap tsunami. Cemara laut masih satu keluarga dengan cemara gunung dan cemara sumatera.

 

Cemara laut tingginya bisa mencapai 50 meter dengan diameter batang sekitar 100 cm. Ranting berbentuk jarum dengan panjang maksimal 30 cm. Daun bersisik, tersusun melingkar dengan 6 sampai 10 helai per buku. Selain mencegah erosi, pinus laut juga dapat menahan angin kencang atau penahan angin, ombak yang ganas, dan merehabilitasi area berpasir.

Baca Juga:  Perkembangan makhluk hidup bersifat kualitatif yaitu suatu proses

 

6. Waru Laut (Hibiscus tiliaceus)

Tumbuhan Waru Laut atau Baru Laut, termasuk tumbuhan dari suku kapas Cabasan, banyak dijumpai sebagai tumbuhan pesisir atau pantai. Waru laut banyak tersebar di daerah pesisir terutama yang beriklim tropis di seluruh dunia, namun menurut sejarahnya, tanaman ini berasal dari dunia purba yaitu Asia, Afrika dan Eropa.

 

Selain di daerah pesisir, tumbuhan ini juga dapat ditemukan di ketinggian 800 mdpl dengan curah hujan sekitar 900-2500 per tahun. Adaptasi wilayah laut sangat baik, terutama di lingkungan berpasir dan asin, karang, batugamping, backwaters bahkan basal. Waru laut banyak ditemukan di berbagai belahan dunia seperti Australia bagian timur dan barat, negara-negara di Oseania, Maladewa, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

 

7. Pohon Stigi (Pemphis acidula)

Pohon stigi juga merupakan tanaman yang dapat ditemukan di pantai atau di sekitar hutan bakau. Tumbuh baik di iklim tropis, terutama di wilayah pesisir Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia Utara.

 

Pohon stegi adalah semak yang dapat tumbuh tidak lebih dari 6 meter. Saat ini pohon stigi banyak diminati karena dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai dan digunakan sebagai obat herbal untuk pengobatan diabetes, rematik, dan untuk pencegahan kanker.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …