Dalam suatu komunitas terdapat rumput teki dan rumput gajah jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik interaksi tersebut disebut Alelopati

Dalam suatu komunitas terdapat rumput teki dan rumput gajah jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik interaksi tersebut disebut

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal suatu komunitas terdapat rumput teki dan rumput gajah jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik interaksi tersebut disebut

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Dalam suatu komunitas terdapat rumput teki dan rumput gajah jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik interaksi tersebut disebut

A. Netral

B. Alelopati

C. Interaksi antar komunitas

D. Interaksi antar komponen biotik dan abiotic

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dalam suatu komunitas terdapat rumput teki dan rumput gajah jika rumput teki menghalangi tumbuhnya rumput gajah karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik interaksi tersebut disebut Alelopati (jawaban B)

 

Pembahasan

Pengertian Alelopati

Alelopati berasal dari bahasa Yunani, allelon yang berarti “satu sama lain” dan pathos yang berarti “menderita”. Alelopati didefinisikan sebagai suatu fenomena alam dimana suatu organisme memproduksi dan mengeluarkan suatu senyawa biomolekul (disebut alelokimia) ke lingkungan dan senyawa tersebut memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan organisme lain di sekitarnya.

 

Sebagian alelopati terjadi pada tumbuhan dan dapat mengakibatkan tumbuhan di sekitar penghasil alelopati tidak dapat tumbuh atau mati.

 

Hal ini dilakukan untuk memenangkan kompetisi nutrisi dengan tanaman lain yang berbeda jenis/spesies. Oleh karena itu, alelopati dapat diaplikasikan sebagai pembasmi gulma sehingga mengurangi penggunaan herbisida sintetik yang berbahaya bagi lingkungan.

Baca Juga:  Meranggas adalah salah satu contoh adaptasi dari pohon

 

Contoh alelopati di dalam ekosistem perairan adalah beberapa dinoflagelata dapat menghasilkan senyawa alelokimia yang merugikan fitoplankton, ikan, dan binatang laut lainnya.

 

Setiap organisme melakukan interaksi tertentu dengan organisme lain untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan. Interaksi yang terjadi di alam membentuk pola-pola interaksi khas antara satu denga lainnya.

 

Pola interaksi di dalam ekosistem antara lain:

a. Interaksi individu dalam populasi

Menciptakan interaksi yang menguntungkan dan merugikan. Interaksi yang menguntungkan : penyerbukan pohon mangga. Interaksi yang merugikan :  persaingan individu-individu dalam populasi

 

b. Interaksi antar individu dalam komunitas

1) Simbiosis

Suatu interaksi diantara dua species yang berbeda yang hidup bersama dan berinterkasi satu sama lain.

Terdapat tiga jenis yaitu: mutualisme, komensalisme dan paraistisme.

 

2) Predasi

Hubungan antara pemangsa (predator) dan mangsa. Predator berperan sebagai pengontrol populasi mangsa. Hubungan ini dimanfaatkan manusia di bidang pertanian untuk  membasmi hama pertanian secara biologi.

 

Contoh: tikus (mangsa) dengan burung hantu (predator)

 

c. Interaksi antar populasi dalam komunitas

1) Anabiosa

Hubungan antara jamur Penicillium dengan bakteri tertentu. Dimanfaatkan oleh medis untuk pengobatan penyakit tertentu yang disebabkan bakteri tertentu.

 

2) Aleopati

Contoh alelopati lain diantaranya:

  • Pohon kamboja yang menghasilkan seperti herbisisda untuk rumput disekitarnya
  • Alang-alang menghambat taaman lain dengan mengaluraka senyawa fenol, asam valiik dan karbolik
  • Pinus meyebabkan tanah disekitarnya menjadi asam untuk tumbuhan lain
  • Dinoflagellata (alga uniseluler) memiliki racun terhadap phytoplankton

 

3) Kompetisi

Interaksi antara organisme-organisme yang hidup bersama dalam satu habitat dan bersaing untuk sumber makanan yang sama dan terbatas.

 

  1. Interaksi antar komunitas
  • Misalnya terjadi pada komunitas sawah dengan sungai.
  • Antar komunitas sawah dan sungai terjadi interaksi dalam bentuk peredaran nutrien dan air sungai ke sawah.
  • Sementara itu masuknya air sawah yang mengandung pupuk dapat menyebabkan eutrofikasi (kondisi tingginya tingkat badan air yang menyebabkan turunnya kualitas air dan ditandai dengan blooming alga).

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …