Fungsi dari sekret pada tumbuhan bunga venus dan kantong semar adalah untuk menangkap dan mencerna makanan.

Sebutkan fungsi dari sekret pada tumbuhan bunga venus dan kantong semar

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu sebutkan fungsi dari sekret pada tumbuhan bunga venus dan kantong semar

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Sebutkan fungsi dari sekret pada tumbuhan bunga venus dan kantong semar

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Fungsi dari sekret pada tumbuhan bunga venus dan kantong semar adalah untuk menangkap dan mencerna makanan.

 

Pembahasan

Fungsi Dari Sekret Pada Tumbuhan Bunga Venus Dan Kantong Semar

Tumbuhan Venus dan kantong semar (Nepenthes spp.) keduanya merupakan tumbuhan karnivora yang memiliki struktur khusus untuk menangkap dan mencerna serangga. Meskipun keduanya memiliki perangkap yang berbeda, fungsi sekret pada keduanya memiliki tujuan yang serupa dalam hal menangkap dan memperoleh nutrisi dari serangga. Berikut adalah fungsi sekret pada tumbuhan Venus dan kantong semar:

 

Fungsi Dari Sekret Pada Tumbuhan Venus (Dionaea muscipula):

Penangkapan Serangga

Daun tumbuhan Venus memiliki rambut-rambut sensitif yang akan merespons sentuhan dan gerakan dari serangga yang terjebak di dalam perangkap. Saat rambut ini disentuh, daun akan menutup dengan cepat. Kelenjar sekret pada permukaan daun akan mulai memproduksi cairan lengket yang disebut “dau” atau “dew”. Cairan ini membuat serangga terjebak dan sulit untuk melarikan diri.

 

Pencernaan dan Penyerapan Nutrisi

Setelah perangkap tertutup, kelenjar sekret akan memproduksi enzim-enzim pencernaan. Enzim-enzim ini membantu mencerna jaringan serangga menjadi nutrisi yang lebih sederhana. Cairan sekret dan enzim-enzim ini membantu dalam pencernaan eksternal serangga. Nutrisi hasil pencernaan akan diserap oleh permukaan daun dan membantu tumbuhan mendapatkan nutrisi tambahan, khususnya nitrogen.

Baca Juga:  Manfaat energi matahari bagi tumbuhan

 

Fungsi Dari Sekret Pada Kantong Semar (Nepenthes spp.):

Penangkapan Serangga

Kantong semar memiliki bentuk yang menyerupai kantong atau corong dengan cairan di dasarnya. Serangga tertarik oleh bau dan warna yang menarik dari cairan di dalam kantong. Ketika serangga masuk ke dalam kantong, mereka akan terperangkap di dalam cairan yang cenderung licin, sehingga mereka jatuh ke dasar kantong.

 

Pencernaan dan Penyerapan Nutrisi

Di dasar kantong, terdapat cairan yang mengandung enzim-enzim pencernaan. Serangga yang terjebak akan mulai dicerna oleh enzim-enzim ini, dan hasil pencernaan akan larut dalam cairan. Nutrisi yang terbentuk dari hasil pencernaan akan diserap oleh dinding kantong semar, memberikan tumbuhan nutrisi tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

 

Secara keseluruhan, fungsi sekret pada tumbuhan Venus dan kantong semar sangat penting untuk menjalankan peran karnivora mereka dalam memperoleh nutrisi tambahan dari serangga. Dengan mekanisme khusus ini, kedua jenis tumbuhan ini telah mengembangkan cara unik untuk bertahan hidup di lingkungan yang miskin nutrisi.

Check Also

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Berikut ini yang termasuk ke dalam bioteknologi veteriner adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini yang …