Dalam bola basket, jump ball dilakukan yaitu ketika permulaan permainan/pertandingan bola basket tip-off, melanjutkan permainan saat overtime, dan jika terjadi held ball.

Dalam bola basket, jump ball dilakukan yaitu ketika

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu dalam bola basket, jump ball dilakukan yaitu ketika

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Dalam bola basket, jump ball dilakukan yaitu ketika

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dalam bola basket, jump ball dilakukan yaitu ketika permulaan permainan/pertandingan bola basket tip-off, melanjutkan permainan saat overtime, dan jika terjadi held ball.

 

Pembahasan

Pengertian Jump Ball Dalam Bola Basket

Jump ball dalam bola basket adalah cara untuk memulai permainan atau memulai babak perpanjangan waktu setelah permainan sebelumnya berakhir imbang. Ini adalah prosedur yang dilakukan oleh dua pemain, masing-masing dari tim yang bermain, untuk bersaing dalam melompat dan mencoba mengendalikan bola yang dilemparkan ke atas oleh wasit.

 

Umumnya seorang pemain yang melakukan jump ball merupakan seorang Center, meskipun bisa menggunakan pemain dengan posisi apa saja. Namun seorang Center umumnya memiliki postur tubuh yang besar dan tinggi, sehingga besar kemungkinan mereka bisa menangkis bola yang dilempar tersebut.

 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang jump ball dalam bola basket:

Cara Melakukannya: Wasit akan memegang bola di tengah lapangan. Dua pemain, satu dari masing-masing tim, akan berdiri berhadapan di lingkaran tengah. Mereka akan bersiap untuk melompat setelah wasit melemparkan bola ke atas.

 

Teknik Melompat: Pemain yang akan melompat harus memiliki teknik yang baik dalam melompat agar memiliki peluang yang lebih baik untuk mengendalikan bola. Ini melibatkan mengukur waktu lompatan dengan baik dan mencoba meraih bola secepat mungkin.

Baca Juga:  Sebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi masa pubertas

 

Tujuan Utama: Tujuan utama dari jump ball adalah untuk memenangkan kontrol bola setelah melompat. Tim yang mengendalikan bola setelah jump ball akan mendapatkan kesempatan untuk menyerang dan mencetak gol pertama dalam permainan atau babak perpanjangan waktu.

 

Aturan: Saat melakukan jump ball, pemain tidak boleh menyentuh bola sebelum bola mencapai puncak lompatan. Pemain tidak boleh menyentuh bola dengan kepalan tangan. Selain itu, pemain lain tidak boleh mengganggu atau menghalangi pemain yang melakukan jump ball sampai bola dilemparkan.

 

Dalam beberapa situasi, jika ada ketidakpastian atau perselisihan saat melakukan jump ball, wasit dapat memutuskan untuk melakukan jump ball ulang.

 

Jump ball adalah bagian penting dalam permainan bola basket karena menentukan tim mana yang akan memiliki kendali awal atas bola. Pemenang jump ball akan memiliki kesempatan pertama untuk menyerang dan mencetak poin. Ini juga sering digunakan untuk memulai setiap babak permainan dan babak perpanjangan waktu.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …