Dalam pertandingan bola basket, seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika tidak memantulkan bola atau dribble lebih dari 2 langkah

Dalam pertandingan bola basket, seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu dalam pertandingan bola basket, seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Dalam pertandingan bola basket, seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dalam pertandingan bola basket, seorang pemain dinyatakan melakukan walking jika tidak memantulkan bola atau dribble lebih dari 2 langkah.

 

Pembahasan

Pengertian Walking Foul dalam Bola Basket

Walking foul dalam bola basket merujuk pada pelanggaran yang terjadi ketika seorang pemain melakukan Gerakan lebih dari 2 langkah tanpa melakukan dribble atau memantulkan bola dengan sengaja maupum tidak sengaja. Walking juga biasa disebut dengan travelling.

 

Ini adalah salah satu pelanggaran yang umum terjadi dalam permainan bola basket dan biasanya menghasilkan perpindahan bola (turnover) kepada tim lawan.

 

Beberapa poin penting tentang walking foul dalam bola basket:

Traveling: Walking foul sering kali disebut sebagai “traveling” karena melibatkan pemain yang melakukan gerakan langkah yang tidak sah dengan bola.

 

Aturan Traveling: Aturan terkait traveling berbeda-beda sesuai dengan tingkat permainan dan federasi bola basket yang mengawasi kompetisi tersebut. Di tingkat NBA (National Basketball Association) dan FIBA (Fédération Internationale de Basketball), seorang pemain diperbolehkan untuk melakukan dua langkah setelah berhenti dribel, dan setelah itu, mereka harus melepas bola atau melakukan lompatan (jump shot) jika ingin menghindari pelanggaran traveling. Namun, di tingkat pemuda dan sekolah, aturan bisa berbeda dengan ketentuan yang lebih ketat.

Baca Juga:  Arah gerak bola yang benar hasil teknik dasar servis pendek backhand bulutangkis adalah

 

Konsekuensi: Ketika seorang pemain melakukan walking foul, giliran bola akan diberikan kepada tim lawan di titik di mana pelanggaran terjadi. Ini memberi tim lawan kesempatan untuk mengambil alih bola dan menyerang.

 

Menghindari traveling dan memahami aturan terkait pergerakan dengan bola adalah penting dalam permainan bola basket. Pelanggaran traveling dapat mengakibatkan tim kehilangan peluang mencetak poin dan memberikan keuntungan kepada tim lawan. Oleh karena itu, pemain dan tim harus selalu memperhatikan teknik dribel dan pergerakan mereka untuk menghindari walking foul.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …