Kebudayaan lokal bisa diangkat menjadi kebudayaan nasional apabila kebudayaan lokal tersebut memberikan identitas kepada warga negara, menimbulkan rasa bangga, bermutu tinggi.

Kebudayaan lokal bisa diangkat menjadi kebudayaan nasional apabila kebudayaan lokal

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi kebudayaan lokal bisa diangkat menjadi kebudayaan nasional apabila kebudayaan lokal

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Kebudayaan lokal bisa diangkat menjadi kebudayaan nasional apabila kebudayaan lokal

 

Kunci Jawaban

Kebudayaan lokal bisa diangkat menjadi kebudayaan nasional apabila kebudayaan lokal tersebut memberikan identitas kepada warga negara, menimbulkan rasa bangga, bermutu tinggi.

 

Pembahasan

Bagi seluruh warga Indonesia, istilah “kebudayaan” telah menjadi sesuatu yang tidak asing. Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keberagaman, dikenal memiliki kebudayaan yang unik dan khas, menjadikannya negara yang memegang kearifan budaya tak tergantikan.

 

Pada dasarnya, budaya dan kebudayaan adalah gaya hidup yang berkembang dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

 

Di Indonesia, setiap daerah memiliki kebudayaan sendiri. Pertanyaannya, apa syarat yang harus dipenuhi agar kebudayaan daerah dapat diangkat menjadi kebudayaan nasional? Mari kita simak poin-poin berikut.

 

Syarat Kebudayaan Lokal Menjadi Kebudayaan Nasional

Beberapa syarat harus terpenuhi agar sebuah kebudayaan daerah diakui sebagai kebudayaan nasional, di antaranya:

  1. Memberikan Identitas kepada Warga Negara: Kebudayaan daerah yang menjadi kebudayaan nasional harus mampu memberikan identitas dan ciri khas kepada warga negara yang mendukung negara itu. Artinya, unsur kebudayaan daerah tersebut harus memiliki karakter yang dapat diangkat menjadi bagian dari kebudayaan nasional.
  2. Menimbulkan Rasa Bangga: Kebudayaan daerah yang diangkat sebagai kebudayaan nasional harus mampu menimbulkan rasa bangga, baik pada suku bangsa asal kebudayaan tersebut maupun pada seluruh rakyat Indonesia.
  3. Bermutu Tinggi: Kebudayaan daerah yang diakui sebagai kebudayaan nasional harus memiliki mutu tinggi untuk memperkaya khazanah, derajat, dan nilai kemanusiaan bangsa Indonesia.
Baca Juga:  Sebutkan contoh bahan tambang mineral logam

 

Itulah beberapa syarat yang harus dipenuhi agar kebudayaan daerah dapat diakui dan diangkat menjadi bagian dari kebudayaan nasional, memperkaya keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia.

Check Also

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu Suku Sunda. Sekitar 75% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini.

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi suku yang dapat …