Berikut ini tujuan dari identitas nasional kecuali Alat untuk menyerang negara lain

Berikut ini tujuan dari identitas nasional kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi berikut ini tujuan dari identitas nasional kecuali

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Berikut ini tujuan dari identitas nasional kecuali

A. Mepertahankan kesatuan sebuah negara

B. Pembeda dari negara lain

C. Alat untuk menyerang negara lain

D. Landasan negara

E. Alat pemersatu bangsa​

 

Kunci Jawaban

Berikut ini tujuan dari identitas nasional kecuali Alat untuk menyerang negara lain (jawaban C).

 

Pembahasan

Pengertian Identitas Nasional

Identitas nasional merangkum ciri, tanda, atau jati diri suatu bangsa yang membedakannya dari bangsa-bangsa lain.

 

Menurut Koento Wibisono, identitas nasional adalah manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri khas, dan dengan ciri tersebut, suatu bangsa berbeda dengan bangsa lain.

 

Tujuan Identitas Nasional

Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut, identitas nasional memiliki tujuan-tujuan khusus, yakni:

  1. Memberikan status bagi warga negara: Identitas nasional memberikan status yang jelas bagi warga negara. Sebagai contoh, kartu tanda penduduk (KTP) menjadi simbol keanggotaan seseorang dalam masyarakat Indonesia.
  2. Menumbuhkan rasa memiliki, cinta dan bangga atas bangsa dan negara sendiri: Melalui identitas nasional, tumbuh rasa memiliki, cinta, dan bangga terhadap bangsa dan negara. Warga negara yang memiliki identitas nasional cenderung lebih bangga dengan produk-produk dalam negeri dibandingkan dengan produk luar.
  3. Menumbuhkan dan memupuk tali silaturahmi dan rasa persaudaraan bagi sesama warga negara: Identitas nasional menjadi perekat tali persaudaraan antarwarga negara. Melalui berbagai kegiatan seperti peringatan Hari Kemerdekaan, kompetisi tingkat nasional, dan sejenisnya, identitas nasional turut mempererat rasa persaudaraan di antara masyarakat.
Baca Juga:  Semua warga negara yang telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan berhak mengikuti pemilu. Hal ini diberikan tanpa melihat jenis kelamin, suku, agama, ras, pekerjaan, dan lain sebagainya. pernyataan tersebut adalah merupakan asas pemilihan umum yakni

 

Dengan memahami makna dan fungsi identitas nasional, kita dapat merasakan kekayaan dan keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Check Also

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi contoh kewajiban warga …