Benda-benda seni rupa terapan sering juga disebut dengan

Benda-benda seni rupa terapan sering juga disebut dengan

Benda-benda seni rupa terapan sering juga disebut dengan

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

KLIK> LIHAT KUNCI JAWABAN

 

Jawaban

Benda-benda seni rupa terapan sering disebut juga dengan seni pakai.

 

Pembahasan

Pengertian

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang dalam proses pembuatannya sangat mengutamakan kegunaan praktis serta keindahan wujudnya. Benda-benda seni rupa terapan sering juga disebut dengan seni pakai.

 

Walau berfokus pada kegunaannya secara praktis, hasil karya seni rupa terapan tetap terlihat indah dan elok untuk dipandang. Terdapat berbagai macam seni rupa terapan yang bisa ditemui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti arsitektur dan seni grafis.

 

Jenis seni rupa terapan

Menurut Sofyan Salam dan kawan-kawan dalam buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020), karya seni terapan dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Karya seni rupa terapan dua dimensi

Karya seni rupa terapan dua dimensi  adalah karya seni rupa terapan yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar. Jenis karya seni ini hanya dapat dilihat dari sisi depan saja. Contoh karya seninya poster, spanduk, brosur, logo, kain batik, dan lain sebagainya.

 

2. Karya seni rupa terapan tiga dimensi

Karya seni rupa terapan tiga dimensi adalah karya seni rupa terapan yang mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi, atau memiliki volume. Jenis karya seni ini dapat dilihat dari berbagai sisi. Contoh karya seninya arsitektur ruangan, kendaraan, kerajinan tangan, kursi, meja, dan lainnya.

Baca Juga:  Definisi sosiologi menurut pitirim a Sorokin

Check Also

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu Suku Sunda. Sekitar 75% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini.

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi suku yang dapat …