Sebutkan 5 teknik menggambar model dengan baik dan benar: Teknik arsir, Teknik blok, Teknik pointilis, Teknik dussel, Teknik akuarel, Teknik linear, Teknik plakat.

Sebutkan 5 teknik menggambar model dengan baik dan benar

Sebutkan 5 teknik menggambar model dengan baik dan benar

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Sebutkan 5 teknik menggambar model dengan baik dan benar: Teknik arsir, Teknik blok, Teknik pointilis, Teknik dussel, Teknik akuarel, Teknik linear, Teknik plakat.

  1. Teknik arsir adalah menggambar dengan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang objek sehingga tampak seperti 3 dimensi.
  2. Teknik blok atau juga disebut teknik siluet adalah teknik menutup o jek gambar menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan blok.
  3. Teknik pointilis adalah cara menggambar atau melukis menggunakan titik-titikhingga membentuk suatu objek.
  4. Teknik dussel merupakan cara menggambar yang penentuan gelap terang objek gambar menggunakan pensil gambar yang digoreskan dalam posisi miring.
  5. Teknik akuarel merupakan teknik menggambar dengan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang.
  6. Teknik linear merupakan teknik menggambar dengan garis sebagai unsur yang paling menentukan.
  7. Teknik plakat merupakan cara menggambar dengan bahan cat poster atau cat air dengan sapuan tebal.

 

Pembahasan

Pengertian Menggambar model

Menggambar model merupakan kegiatan menggambar dimana kita melihat dulu suatu objek kemudian kita baru menggambarnya

 

Teknik Menggambar Model

  1. Teknik Arsir

Teknik menggambar model alam benda yang pertama adalah teknik arsir. Teknik arsir merupakan teknik menggambar yang biasanya dilakukan menggunakan pensil atau arang.

 

Untuk melakukan teknik ini, kamu perlu melakukan pengulangan garis secara acak dan saling menyilang. Tujuan dari teknik ini adalah untuk menentukan warna gelap dan terang dari suatu objek sehingga memiliki kesan ruang dan kedalaman.

Baca Juga  Mahkota yang dikenakan para penari merak disebut

 

  1. Teknik Dussel

Teknik dussel merupakan teknik menggambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan pensil secara horizontal di atas kertas. Goresan tersebut kemudian akan digosok menggunakan jari atau kapas untuk menciptakan kesan gelap terang atau tebal tipis pada gambar.

 

  1. Teknik Transparan

Apabila kedua teknik sebelumnya menggunakan pensil, maka berbeda dengan teknik menggambar model alam yang satu ini. Untuk melakukan teknik transparan, kamu membutuhkan cat air yang disapukan dengan tipis dan transparan di atas kertas khusus.

 

Semakin banyaknya campuran air pada cat air maka hasil sapuan warna yang dihasilkan juga akan semakin transparan.

 

  1. Teknik Plakat

Teknik plakat merupakan teknik menggambar model alam yang menggunakan media cat poster atau cat akrilik. Teknik ini biasanya digunakan dengan cara menyapukan cat dengan warna tegas dan tebal.

 

Hasil sapuan warna yang dihasilkan akan lebih pekat dan menutup dibandingkan dengan menggunakan teknik transparan yang menggunakan cat air.

 

  1. Teknik Pointilis

Teknik pointilis merupakan teknik menggambar yang dapat dilakukan menggunakan berbagai alat atau media gambar, seperti pensil, pensil warna, krayon, spidol, atau bahkan menggunakan media cat.

 

Untuk membuat model alam benda menggunakan teknik ini, kamu perlu membuat suatu objek gambar menggunakan titik-titik dengan jumlah sebanyak-banyaknya. Titik-titik ini kan memberikan kesan gelap dan terang pada gambar.

 

Namun perlu diketahui bahwa tidak banyak seniman yang menggunakan cat untuk menggambar dengan teknik pointilis. Kebanyakan seniman akan memilih menggunakan pensil atau krayon.

 

  1. Teknik Blok

Teknik menggambar model alam benda yang terakhir adalah teknik blok atau yang dikenal dengan teknik menggambar bayangan. Teknik blok ini dilakukan dengan cara memanfaatkan satu warna saja.

Baca Juga  Benda-benda seni rupa terapan sering juga disebut dengan

 

Untuk menggunakan teknik blok, kamu bisa menutupi seluruh bidang objek gambar untuk membentuk sebuah bayangan atau siluet dari model gambar itu sendiri.

 

Kamu bisa menggunakan media cat poster atau tinta bak untuk menggambar model alam benda dengan teknik blok yang satu ini.

 

  1. Teknik Aquarel

Teknik aquarel merupakan teknik gambar yang menggunakan baik dalam menggunakan sapuan dan paduan warna yang tipis, transparan, dan tembus pandang.

 

Teknik aquarel merupakan teknik seni rupa yang digunakan untuk menutup objek lukis yang dilakukan dengan menyapu cat air secara tipis. Teknik ini menggunakan media basah agar menghasilkan warna yang transparan.