Kemukakan sifat hakikat sosiologi

Kemukakan sifat hakikat sosiologi

Kemukakan sifat hakikat sosiologi

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Ada 4 sifat yang menggambarkan karakteristik sosiologi, yaitu: Empiris, Teoritis, Kumulatif, Non Etis

Terdapat 7 sifat hakikat sosiologi diantaranya :

  1. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan umum
  2. Sosiologi sebagai ilmu sosial
  3. Sosiologi sebagai ilmu abstrak
  4. Sosiologi sebagai ilmu kategori
  5. Sosiologi merupakan suatu ilmu yang murni
  6. Sosiologi merupakan suatu ilmu yang menghasilkan pengertian dan pola-pola
  7. Sosiologi merupakan suatu ilmu rasional

 

Pembahasan

Konsep pada soal terkait dengan ilmu sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, yang mana sosiologi dapat diartikan ilmu kemasyarakatan yang mempelajari semua fenomena sosial yang di hasilkan dari aktifitas masyarakat berupa interaksi antar masyararakat. Sebagai ilmu pengetahuan sosiologi memiliki sifat dan hakikatnya sebagai sebuah ilmu.

Ada 4 sifat yang menggambarkan karakteristik sosiologi, yaitu:

  1. Empiris, Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi yang dilakukan terhadap kenyataan dan akal sehat, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.
  2. Teoritis, merupakan ilmu pengetahuan yang selalu berusaha menyusun secara abstraksi dari hasil-hasil pengamatan, abstraksi tersebut merupakan kesimpulan logis yang memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
  3. Kumulatif, disusun berdasarkan teori-teori yang telah ada sebelumnya atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama.
  4. Non Etis, tidak mempersoalkan baik ataupun buruk masalah, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam atau analitis.

 

Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan ialah sebagai berikut :

  1. Sosiologi ialah ilmu pengetahuan umum, artinya sosiologi mempunyai gejala-gejala umum yang ada pada interaksi antara manusia.
  2. Sosiologi ialah ilmu sosial,yang bukan ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu pasti (eksakta) sebab yang dipelajari yaitu gejala-gejala kemasyarakatan.
  3. Sosiologi ialah ilmu pengetahuan abstrak dan bukan ilmu pengetahuan konkret. Artinya yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat secara menyeluruh, bukan hanya peristiwa itu sendiri.
  4. Sosiologi ialah termasuk disiplin ilmu kategori,yang bukan merupakan disiplin ilmu normatif sebab sosiologi ini membatasi diri pada apa yang terjadi, bukan apa yang seharusnya akan terjadi.
  5. Sosiologi ialah termasuk ilmu pengetahuan murni (pure science) serta dalam perkembangannya sosiologi menjadi ilmu pengetahuan terapan (applied science).
  6. Sosiologi ialah bertujuan menghasilkan pengertian dan pola-pola umum, serta mencari prinsip-prinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi manusia, sifat, hakikat, bentuk, isi, dan struktur masyarakat manusia.
  7. Sosiologi ialah ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional. Hal ini menyangkut metode yang digunakan.
Baca Juga:  Bagaimana karakteristik umum dari teks prosedur

 

Adapaun objek kajian sosiologi diantaranya sebagai berikut :

  • objek budaya
  • objek material
  • objek formal
  • objek agama

Check Also

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu Suku Sunda. Sekitar 75% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini.

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi suku yang dapat …