Definisi sosiologi menurut pitirim a Sorokin

Definisi sosiologi menurut pitirim a Sorokin

Definisi sosiologi menurut pitirim a Sorokin

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Menurut Pitirim A. Sorokin sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik selang aneka jenis gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik selang gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

 

Pembahasan

Macam-macam definisi tentang sosiologi yang dikemukakan beberapa pakar:

Pitirim Sorokin: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik selang aneka jenis gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik selang gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

Roucek dan Warren: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan selang manusia dalam kelompok-kelompok.

William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf : sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

J.A.A Von Dorn dan C.J. Lammers: sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

Max Weber: Sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi: Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari bentuk sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan sosial.

Paul B. Horton: sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompokan dan produk kehidupan kelompokan tsb.

Soejono Soekanto: sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berupaya untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  Jika terjadi kebangkrutan bank bagaimana cara bank indonesia dan bpk dalam pengawasan bank tersebut!

William Kornblum: sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompokan dan kondisi.

Allan Jhonson: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tsb memengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya memengaruhi sistem tsb.

Check Also

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu Suku Sunda. Sekitar 75% penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda yang merupakan penduduk asli provinsi ini.

Suku yang dapat dijumpai di daerah jawa barat yaitu

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi suku yang dapat …