Contoh fungsi sosiologi dalam penelitian

Contoh fungsi sosiologi dalam penelitian

Contoh fungsi sosiologi dalam penelitian

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Contoh fungsi sosiologi dalam penelitian adalah sosiolog melakukan pengumpulan data mengenai fenomena pengangguran di Indonesia, sosiolog melakukan pengumpulan dari mulai dari observasi, wawancara, studi dokumentasi yang ada di lapangan mengenai fenomena tersebut dan mencari kesimpulan apa yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran serta mampu merumuskan cara mengatasi dan mengurangi pengangguran tersebut.

 

Pembahasan

Fungsi Sosiologi dalam Penelitian

Penelitian merupakan suatu usaha untuk meningkatkan ilmu. Dalam sosiologi, penelitian berguna untuk memberikan gambaran mengenai kehidupan masyarakat. Kegiatan penelitian dalam sosiologi, biasanya mengkaji berbagai gejala yang ada di masyarakat.

 

Dengan penelitian, akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial yang baik. Dari data yang dihasilkan dari penelitian sosiologis, pengambil keputusan dapat menyusun rencana penyelesaian suatu masalah sosial, seperti cara untuk mencegah kenakalan remaja dan mengatasi masalah pengangguran, maupun meningkatkan rasa solidaritas antarwarga yang semakin memudar.

 

Fungsi Sosiologi dalam penelitian sosial yaitu

  • Untuk mempertimbangkan berbagai gejala sosial yang timbul dalam kehidupan masyarakat
  • Untuk memahami pola tingkah laku manusia di masyarakat
  • Untuk bersikap hati-hati dan selalu berpikir rasional
  • Untuk dapat melihat perubahan tingkah laku anggota masyarakat
  • Untuk dapat memahami simbol, kode, dan berbagai istilah yang menjadi obyek penelitian.