Latihan yang pertama-tama dilakukan dalam menerapkan pola pukulan adalah

Latihan yang pertama-tama dilakukan dalam menerapkan pola pukulan adalah

Latihan yang pertama-tama dilakukan dalam menerapkan pola pukulan adalah

A. permainan net yg tipis

B. pukulan silang dan lob

C. pukulan yg dapat mematikan lawan

D. pukulan yg sederhana

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Latihan yang pertama-tama dilakukan dalam menerapkan pola pukulan adalah pukulan silang dan lob (Jawaban B)

 

Pembahasan

Latihan yang pertama-tama dilakukan dalam menerapkan pola pukulan adalah pukulan silang dan lob. Dalam permainan bulu tangkis, ada beragam teknik pukulan yang mesti dikuasai oleh para pemain.

 

Setidaknya ada lima jenis pukulan yang bisa digunakan ketika bermain, yakni service, drop shot, drive, smash.

 

Latihan yang Pertama-tama Dilakukan dalam Menerapkan Pola Pukulan adalah

Pukulan Service

Servis merupakan teknik dasar pukulan dalam bulu tangkis yang berfungsi memukul shuttlecock ke arah depan, belakang, kanan, atau, kiri saat memulai pertandingan dan menambah poin.

 

Pukulan Lob

Lob merupakan pukulan penting, baik untuk pola pertahanan (defensive) atau pun pola penyerangan (offensive). Pukulan ini dapat dilakukan dari bawah kepala (under head lob) hingga dari atas kepala (over head lob).

 

Pukulan Drive

Pukulan drive bulu tangkis biasa digunakan untuk menekan lawan atau tidak memberikan kesempatan agar lawan mendapatkan shuttlecock yang melambung. Jadi, lawan tidak memperoleh kesempatan menyerang dengan pukulan overhead.

 

Pukulan tersebut juga digunakan untuk shuttlecock yang datangnya mendatar atau tidak ada lagi kesempatan bagi kamu untuk melakukan pukulan overhead.

 

Pukulan Drop shot

Pukulan drop shot bulu tangkis adalah jenis pukulan yang bertujuan untuk mencetak poin dengan mengarahkan shuttlecock ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net, kemudian membuat lawan kesulitan membalas pukulan.

 

Karakteristik dari drop shot bulu tangkis adalah shuttlecock mendarat di dekat jaring daerah lapangan lawan, namun tidak melewati garis ganda. Melalui akurasi pukulan yang harus tepat, pukulan drop shot harus melalui banyak latihan dan feeling yang kuat.

 

Ada dua jenis pukulan drop shot yang biasa dikenal dalam permainan bulu tangkis, yaitu slow drop shot dan fast drop shot.

 

Pukulan Smash

Smash adalah teknik bulu tangkis yang bertujuan untuk menyerang lawan. Teknik ini dilakukan dengan melakukan lompatan tinggi sambil memukul shuttlecock ke arah lawan dengan kuat.