kebudayaan daerah merupakan akar dari

Kebudayaan daerah merupakan akar dari

Kunci jawaban soal kebudayaan daerah merupakan akar dari

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan Nasional karena nilai-nilai kebudayaan daerah menjadi pembentuk dasar kebudayaan nasional.

 

Pembahasan

Pengertian Kebudayaan menurut para ahli

Secara etimologi, kata culture atau budaya berasal dari bahasa latin yaitu colere yang berarti mengolah atau mengerjakan. Kata culture dalam bahasa inggris juga dapat diartikan sebagai kultur dalam bahasa Indonesia dan berarti kebudayaan.

 

E.B Taylor

Menurut Taylor, kebudayaan merupakan hal kompleks yang mencakup beberapa hal di dalamnya seperti kepercayaan, kesenian, hukum, moral, adat istiadat serta kemampuan yang dapat diperoleh manusia sebagai bagian dari kelompok masyarakat tersebut.

 

Selo Seomardjan dan Soelaeman Somardi

Menurut Selo dan Soelaeman, kebudayaan merupakan seluruh hasil karya, rasa, serta cipta dari masyarakat.

 

Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara adalah buah budi dari manusia yang muncul karena adanya hasil alam serta kodrat masyarakat. Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara juga bentuk dari kejayaan dari masyarakat yang mampu mengatasi kesulitan-kesulitan serta menjadi awal dari munculnya tata tertib di masyarakat.

 

Koentjaraningrat

Kebudayaan merupakan keseluruhan dari perilaku makhluk seperti manusia serta hasil yang dapat diperoleh makhluk tersebut melalui berbagai macam proses belajar serta tersusun dengan sistematis dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Parsudi Suparlan

Kebudayaan didefinisikan sebagai pengetahuan manusia sebagai ciri makhluk sosial yang dapat digunakan untuk dapat memahami dan menginterpretasikan berbagai hal di lingkungan, sehingga menciptakan sebuah pengalaman. Menurut Parsudi Suparlan, kebudayaan juga merupakan sebuah landasan serta acuan seseorang dalam bertingkah laku.

Baca Juga:  Batik yang bermotif benda mati berupa

 

Harjoso

Harjoso mendefinisikan kebudayaan dalam tujuh poin penting, sebagai berikut.

  1. Kebudayaan yang dimiliki oleh setiap berbeda dengan daerah lainnya.
  2. Kebudayaan telah hadir sejak dahulu kala, serta dipertahankan dengan cara diajarkan secara turun temurun kepada generasi berikutnya.
  3. Kebudayaan memiliki beberapa komponen di dalamnya yang terdiri dari sosiologis, biologis serta psikologis keberadaan manusia di berbagai daerah.
  4. Kebudayaan dapat disebut sebagai kebudayaan melalui cara serta ketentuan tertentu.
  5. Kebudayaan memiliki beberapa aspek biologis di dalamnya.
  6. Kebudayaan bersifat dinamis.
  7. Selain bersifat dinamis, kebudayaan juga bersifat relatif serta berbeda-beda dari masyarakat yang satu ke masyarakat lainnya.

 

Check Also

Jenis patung berdasarkan pembuatannya yaitu arca dan relief

Jenis patung berdasarkan pembuatannya yaitu

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu jenis …