Prinsip dasar gerakan lengan jalan cepat bertujuan untuk

Prinsip dasar gerakan lengan jalan cepat bertujuan untuk

Prinsip dasar gerakan lengan jalan cepat bertujuan untuk

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Prinsip dasar gerakan lengan jalan cepat bertujuan untuk mempertahankan momentum kedepan dan menjaga keseimbangan.

 

Pembahasan

Prinsip Dasar Jalan Cepat

Mengutip buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII SMP/MTs terbitan Kemendikbud (2017), ada empat prinsip dasar jalan cepat, yaitu:

 

Gerak Spesifik Kaki Jalan Cepat

Gerak spesifik kaki pada jalan cepat terbagi menjadi beberapa gerakan, yakni fase topang tunggal dan topang ganda. Berikut penjelasannya:

 

  1. Fase Topang Tunggal

Fase topang tunggal adalah fase menyiapkan percepatan dan termasuk persiapan untuk penempatan kaki dari tungkai yang bebas.  Fase topang tunggal terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu:

 

  • Gerak spesifik topang depan

Penempatan kaki depan aktif dengan gerak penyiapan ke belakang, fase penambahan sesingkat mungkin, lutut tungkai depan diluruskan, tungkai ayun melewati tungkai topang depan dengan lutut dan tungkai bawah dipertahankan tetap rendah.

 

  • Gerak spesifik topang belakang

Tungkai topang tetap lurus, tungkai topang tetap diluruskan selama mungkin, kaki dari tungkai topang mengarah ke depan dan menggulir sepanjang sisi luar telapak kaki sampai ujung jari kaki, tungkai bebas melintasi tungkai topang dengan lutut dan tungkai bawah dipertahankan agar tetap rendah, kaki depan diletakkan pada tumit.

 

  1. Fase Topang Ganda

Fase topang ganda yakni perlunya mempertahankan kontak dengan tubuh setiap saat, dengan prinsip dasar gerakan kaki dengan dengan kaki belakang yang selaras.

 

Kaki depan mendarat dengan lembut pada tumit sedangkan kaki belakang posisi tumit diangkat. Kedua lengan berayun secara bergantian. Selain dua fase tersebut, akan membentuk posisi badan yang tegak.

Baca Juga  Arah bola yang benar hasil pukulan servis forehand panjang pada permainan bulu tangkis adalah

 

Sebab, ketika melakukan jalan cepat, maka badan condong ke depan dengan sudut 10-15 derajat. Hal ini berbeda dengan lari.

 

Gerak Spesifik Pendaratan Telapak Kaki Kedua kaki ditempatkan sebaris dengan jari kaki mengarah ke depan, sentuhan pada tanah dimulai dari tumit menggulir sepanjang sisi luar kaki, dorongan berasal dari bola kaki dan diikuti oleh menggulirnya ke ujung ibu jari kaki.

 

Gerak Spesifik Gerakan Pinggul

Gerak spesifik gerakan pinggul jalan cepat, adalah menggerakkan pinggul secara wajar dengan berjalan cepat untuk menempatkan kaki dan panjang langkah secara optimum.

 

Gerakan pinggul ke samping dapat dilihat, namun tidak harus berlebihan, fleksibilitas pinggul dalam jalan cepat sangat penting. Gerakan turun naik pinggul berlawanan dengan gerakan ayunan lengan. Kesimpulannya, arah gerakan pinggul yang benar saat jalan cepat adalah samping naik dan turun secara wajar, agar tetap terjaga kecepatan dan panjang langkah.

 

Gerak Spesifik Gerakan Lengan

Gerak spesifik gerakan lengan jalan cepat, bertujuan untuk mempertahankan momentum ke depan dan menjaga keseimbangan.

 

Saat lengan digerakkan, badan bagian atas harus tetap relaks, bahu turun untuk memberi keseimbangan turunnya panggul yang berlawanan, sudut siku kurang lebih 90 derajat dan dipertahankan dekat dengan badan.

 

Gerakan kedua tangan bergerak tidak lebih rendah dari pinggang atau lebih tinggi dari bahu.

 

Sumber: kompas.com