Gerak lokomotor yang tidak dijumpai pada permainan bola basket adalah

Gerak lokomotor yang tidak dijumpai pada permainan bola basket adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang mata pelajaran PJOK dengan soal yaitu gerak lokomotor yang tidak dijumpai pada permainan bola basket adalah

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Soal

Gerak lokomotor yang tidak dijumpai pada permainan bola basket adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Gerak lokomotor yang tidak dijumpai pada permainan bola basket adalah mengangkat tangan, menjulurkan tangan, menekuk lutut, menggerakkan tangan ke samping, membungkuk karena Gerakan tersebut termasuk Gerakan lokomotor.

 

Pembahasan

Gerak Lokomotor adalah jenis gerakan fisik yang melibatkan perpindahan tubuh dari satu tempat ke tempat lain.

 

Gerak ini merupakan gerakan dasar dalam aktivitas fisik dan olahraga, termasuk dalam permainan bola basket. Gerak lokomotor melibatkan berbagai macam gerakan seperti berlari, melompat, berbelok, berputar, meluncur, dan berhenti mendadak.

 

Dalam bola basket, pemain harus menguasai gerak lokomotor ini untuk dapat bergerak dengan lincah, cepat, dan tepat di atas lapangan, sehingga dapat melakukan berbagai aksi seperti mengejar bola, membela, mencetak poin, dan menghindari pertahanan lawan.

 

Penguasaan gerak lokomotor menjadi kunci penting dalam meningkatkan keterampilan dan kemampuan permainan bola basket serta menjadi pemain yang efektif dan sukses dalam tim.

 

Contoh Gerak Lokomotor Yang Sering Digunakan Dalam Permainan Bola Basket

Berikut adalah beberapa contoh gerak lokomotor yang sering digunakan dalam permainan bola basket:

Baca Juga:  Berikut yang termasuk teknik dasar pada akhir gerakan menendang bola dengan punggung kaki adalah

 

  1. Berlari Maju (Running Forward)

Gerakan ini dilakukan dengan berlari maju untuk mengejar bola atau berpindah posisi dengan cepat untuk mencetak poin atau membantu rekan satu tim.

 

  1. Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola adalah gerakan mengoper bola dengan tangan secara berulang-ulang saat bergerak. Pemain melakukan gerakan ini untuk menjaga kendali atas bola saat bergerak di atas lapangan.

 

  1. Berlari Mundur (Running Backward)

Gerakan ini digunakan saat pemain perlu bergerak mundur untuk menghindari tekanan pertahanan lawan atau membela dengan lebih efektif.

 

  1. Melompat untuk Rebound (Jumping for Rebound)

Pemain melompat untuk merebut bola rebound setelah tembakan yang gagal. Gerakan melompat yang tepat membantu pemain mencatatkan jumlah rebound yang lebih tinggi.

 

  1. Berlari Zigzag (Zigzag Running)

Gerakan ini digunakan saat membela pemain lawan secara efektif. Pemain berlari zigzag untuk menghadang lawan dan mencegahnya mencetak poin dengan mudah.

 

  1. Berbelok Cepat (Quick Turning)

Gerakan berbelok cepat digunakan untuk mengubah arah pergerakan dengan cepat, mencari celah dalam pertahanan lawan, atau menghindari tabrakan.

 

  1. Berhenti Mendadak (Stopping Suddenly)

Pemain menggunakan gerakan berhenti mendadak untuk menghentikan laju pergerakan dengan cepat, terutama ketika ingin melempar atau mengoper bola.

 

  1. Berputar (Pivoting)

Gerakan berputar digunakan untuk mengubah arah tanpa mengangkat kaki dari lantai. Pemain melakukan gerakan ini untuk mengelabui pertahanan lawan dan mencari peluang mencetak poin.

 

  1. Berlari Samping (Running Sideways)

Gerakan berlari samping digunakan saat pemain ingin bergerak secara lateral, mencari ruang untuk tembakan atau melewati pertahanan lawan.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …