Dalam cabang atletik, salah satu nomor lempar yaitu

Dalam cabang atletik, salah satu nomor lempar yaitu

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Dalam cabang atletik, salah satu nomor lempar yaitu lempar cakram, lempar lembing, tolak peluru, dan lontar martil.

 

Pembahasan

Keempat jenis olahraga nomor lempar tersebut merupakan kategori atletik yang dilombakan pada Olimpiade musim panas dan berada di bawah naungan Asosiasi Federasi Atletik Internasional (IAAF).

 

Berikut merupakan perlombaan atletik nomor lemparan adalah lempar cakram, lempar lembing, tolak peluru, dan lontar martil.

 

  1. Lempar Cakram

Lempar cakram atau disebut dengan discus throw dalam bahasa Inggris merupakan salah satu kategori dalam cabang olahraga atletik. Secara harfiah, pengertian lempar cakram adalah cabang olahraga atletik di mana atlet melempar sebuah kayu berbentuk piring bersabuk besi atau bahan lain yang bundar pipih.

 

Pemenang perlombaan lempar cakram adalah atlet yang mampu melakukan lemparan terjauh. Untuk mendapatkan lemparan yang sejau-jauhnya, seorang atlet harus melempar cakram dengan kecepatan maksimal, mengerahkan tenaga sebesar mungkin, serta mengambil sudut lemparan yang baik dan benar yaitu sekitar 45 derajat.

 

  1. Lempar Lembing

Lempar lembing merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik menggunakan alat berupa lembing, yaitu sejenis tombak dengan ukuran lebih kecil dan lebih ringan.

 

Tujuan dari lempar lembing adalah mencapai jarak lemparan sejauh-jauhnya. Untuk mencapai hasil lemparan maksimal, atlet harus menguasai teknik dasar lempar lembing serta memiliki kecepatan dan kekuatan.

 

  1. Tolak Peluru

Salah satu nomor lempar dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan bola besi disebut tolak peluru. Sesuai namanya, tolak peluru dilakukan dengan cara menolak atau mendorong peluru, bukan dilempar. Adapun, berat peluru yang digunakan dalam perlombaan adalah 7,25 kg (putra) dan 4 kg (putri).

Baca Juga  Arah pandangan mata saat awal melakukan servis forehand pada permainan tenis meja adalah

 

  1. Lontar Martil

Dalam cabang olahraga atletik kategori lempar juga terdapat nomor lontar martil atau hammer throw. Lontar martil adalah jenis olahraga di mana atlet harus melontarkan sebuah benda bulat berat dengan cara memutarnya di udara dengan bantuan kawat atau tali yang melekat pada benda tersebut.

 

Mengutip laman resmi IAAF, bola metal (metal ball) yang digunakan dalam perlombaan lontar martil berukuran 16 pon atau 7,26 kg dengan panjang tali 121,3 cm untuk putra dan 8,8 pon atau 4 kg dengan panjang tali 119,4 cm untuk putri.

 

Sumber: Kompas.com