konstitusi dalam pengertian sempit adalah

Konstitusi dalam pengertian sempit adalah

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Konstitusi, secara tegas, adalah dokumen yang diratifikasi yang menetapkan struktur dan fungsi utama lembaga pemerintah suatu negara dan menetapkan prinsip-prinsip atau peraturan di mana lembaga-lembaga itu beroperasi, sebagaimana tercantum dalam satu atau lebih dokumen tertulis. Undang-Undang Dasar 1945, peraturan perundang-undangan, dan segala aturan pokok penyelenggaraan suatu negara selalu berlaku di Indonesia dalam arti yang sempit.

 

Pembahasan

Memahami konstitusi

Konstitusi berasal dari bahasa Perancis “constitute” yang berarti membentuk. Oleh karena itu, istilah konstitusi dimaksudkan untuk pembentukan negara atau struktur dasar (awal) pembentukan negara. Istilah konstitusi dapat disamakan dengan hukum dasar atau konstitusi.

 

Pengertian konstitusi menurut para ahli

Herman Heller membagi pengertian Konstitusi menjadi tiga:

  1. Konstitusi ditinjau dari segi sosiologis politik. Konstitusi mencerminkan kehidupan politik dalam masyarakat sebagai suatu kenyataan.
  2. Konstitusi adalah seperangkat aturan yang hidup dalam masyarakat dan kemudian dijadikan sebagai kesatuan norma hukum (dalam hal ini memiliki arti hukum).
  3. Konstitusi tertulis dalam teks sebagai hukum yang tinggi dan berlaku di suatu negara.

 

Menurut KC Wheare, konstitusi adalah “seluruh sistem penyelenggaraan pemerintahan suatu negara yang berupa seperangkat peraturan perundang-undangan yang membentuk, mengatur, atau mengatur pemerintahan suatu negara”.

 

Profesor Prayudi Atmosudirdjo merumuskan konstitusi sebagai berikut:

  1. Konstitusi suatu negara adalah produk dari sejarah dan perjuangan bangsa itu.
  2. Konstitusi suatu negara merupakan rumusan dari falsafah, cita-cita, kemauan dan perjuangan rakyat Indonesia.
  3. Konstitusi merupakan cerminan jiwa, pola pikir, mentalitas, dan budaya suatu bangsa.

 

Kedudukan Konstitusional

Konstitusi menempati tempat yang sangat penting dalam kehidupan ketatanegaraan suatu negara karena Konstitusi merupakan barometer kehidupan berbangsa dan bernegara, penuh dengan kesaksian sejarah perjuangan para pendahulunya. Selain itu, konstitusi juga memuat ide-ide dasar para founding fathers serta perilaku negara yang dipimpin oleh mereka.

Baca Juga:  Dasar pendidikan yang berkaitan dengan sifat dan bentuk dimana murid berada disebut

 

Konstitusi biasanya memuat unsur-unsur dasar suatu negara. Yang terpenting adalah aturan dasar atau standar yang menjadi pedoman utama bagi negara.

 

Walaupun konstitusi-konstitusi yang ada di dunia ini berbeda tujuan, bentuk, dan isinya, namun pada umumnya memiliki status formal yang sama, yaitu sebagai hukum dasar dan sebagai hukum tertinggi.

Check Also

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi contoh kewajiban warga …