Salah satu usaha pemerintah indonesia dalam meningkatkan pengamalan pancasila untuk meningkatkan persatuan bangsa yaitu menjadikan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Salah satu usaha pemerintah indonesia dalam meningkatkan pengamalan pancasila untuk meningkatkan persatuan bangsa yaitu

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu salah satu usaha pemerintah indonesia dalam meningkatkan pengamalan pancasila untuk meningkatkan persatuan bangsa yaitu

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Salah satu usaha pemerintah indonesia dalam meningkatkan pengamalan pancasila untuk meningkatkan persatuan bangsa yaitu

A. Menjadikan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

B. Menetapkan Pancasila sebagai satu-satunya asas

C. Menyusun RPJMN setiap 5 tahun sekali

D. Melafalkan Pancasila dalam setiap pertemuan resmi​

 

Kunci Jawaban

Salah satu usaha pemerintah indonesia dalam meningkatkan pengamalan pancasila untuk meningkatkan persatuan bangsa yaitu menjadikan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia (jawaban A)

 

Pembahasan

Pancasila adalah Dasar Negara, dimana Panca berarti lima dan Sila berarti dasar. Dengan demikian, Sila juga dapat diartikan sebagai aturan yang melatar belakangi sebuah perilaku seseorang terhadap bangsa, kelakuan, dan perbuatan yang menurut adap atau sopan santun, akhlak dan moral. Ada beberapa fungsi maupun kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara, antara lain:

 

  • Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, berupa nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat bangsa Indonesia melalui penjabaran instrumental sebagai acuan hidup yang merupakan cita-cita dalam mencapai serta sesuai dengan napas jiwa bangsa Indonesia dan  Pancasila lahir bersama dengan bangsa Indonesia.
  • Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia, merupakan sebuah bentuk peran dalam menunjukkan adanya kepribadian bangsa Indonesia yang dapat di bedakan dengan bangsa lain, berupa sikap mental, tingkah laku, maupun amal perbuatan bangsa Indonesia.
  • Pancasila sebagai pandangan suatu hidup Bangsa Indonesia, merupakan kristalisasi pengalaman hidup dalam sejarah bangsa Indonesia yang telah membentuk sikap, watak, perilaku, tata nilai norma dan etika yang telah melahirkan pandangan hidup.
  • Pancasila sebagai Dasar Negara, merupakan mengatur tatanan kehidupan bangsa dan negara Indonesia, dan untuk mengatur pelaksanaan sistem ketatanegaraan Indonesia sesuai Pancasila.
  • Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum bagi Negara Republik Indonesia, merupakan segala kehidupan negara Indonesia berdasarkan Pancasila dan berlandaskan hukum dalam semua tindakan kekuasaan masyarakat dalam landasan hukum.
  • Pancasila sebagai Perjanjian luhur bangsa Indonesia,dalam mendirikan negara yang berupa perjanjian luhur yang disepakati oleh para pendiri negara untuk dilaksanakan, pelihara maupun dilestarikan.
  • Pancasila sebagai Cita-cita atau tujuan Bangsa Indonesia, yang berupa sebagai patokan maupun landasan pemersatu bangsa.

Check Also

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi contoh kewajiban warga …