Amanat pantun biasanya terdapat pada bagian

Amanat pantun biasanya terdapat pada bagian

Pertanyaan

Amanat pantun biasanya terdapat pada bagian

A. isi

B. sampiran

C. seluruh bagian pantun

D. baris pertama dan kedua pantun.

 

Jawaban

Kunci jawaban untuk soal amanat pantun biasanya terdapat pada bagian Isi (Jawaban A)

 

Pembahasan

Pahami amanat Pantun

Amanat adalah pesan moral, atau yang kita kenal sebagai nasehat, yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara langsung maupun melalui tindakan.

 

Amanat adalah kata yang berarti pesan, nasehat atau informasi. Secara umum, pesan atau pesan moral sebagian besar disampaikan melalui percakapan sehari-hari dan juga sering ditemukan dalam cerita.

 

Dalam cerita, pesan berarti nasehat yang disampaikan pengarang melalui karyanya. Pesan ini bersifat positif apabila semua isinya dikaitkan dengan pesan moral dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sifat Pantun

Mengutip dari buku EYD dan Pedoman Pembentukan Istilah dalam Bahasa Indonesia karya E. Weridh, Pantun memiliki sifat-sifat tertentu yang tidak dapat diubah. Jika diubah akan menjadi puisi lama seperti Seloka, Gurindam, dll.

 

Pantun memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Setiap bait terdiri dari empat baris (array)
  • Setiap baris terdiri dari 8 hingga 12 suku kata
  • Sajak akhir setiap baris adalah a-b-a-b
  • Baris pertama dan kedua adalah Sampiran
  • Baris ketiga dan keempat adalah konten

 

Struktur teks pantun

Pantun yang umum di Indonesia memiliki dua struktur yaitu sampiran dan isi.

  1. Sampiran

Sampiran adalah bagian pembuka pantun, terdapat pada baris 1 dan 2. Sampiran digunakan untuk pantun. Secara umum, sampiran tidak ada hubungannya dengan isi pantun. Namun, ada beberapa pantun yang bagian sampiran berhubungan dengan bagian isi.

Baca Juga  Jelaskan hal hal yang mempengaruhi berhasil tidaknya wawancara

 

  1. Isi

Isi adalah bagian yang menjadi maksud atau tujuan puisi. Isinya ada di baris 3 dan 4.

 

Peran dan Fungsi Pantun

Pantun memiliki peran dan fungsi tertentu, seperti: B. Karya sastra yang dibawakan dan menggambarkan peran dan fungsi seseorang, dan dapat mencakup individu atau kelompok orang dalam bidang tertentu. Di bawah ini adalah beberapa peran dan fungsi yang dimainkan Pantun dalam kehidupan masyarakat.

  • Buat sajak untuk melestarikan ucapan dan mempertahankan fungsi kata dan alur pemikiran saat seniman memilih kata yang tepat dan tepat sebelum berima.
  • Pantun membuat seseorang berpikir tentang makna yang ingin disampaikan dan kata-kata yang akan diucapkan kepada orang lain agar tidak menyakiti perasaan orang tersebut.
  • Orang yang melafalkan pantun langsung dilatih untuk berpikir secara kolektif, sangat hati-hati, dan teliti saat menyusun kata, karena kata yang dipilih berhubungan dengan kata lain.
  • Pantun memainkan fungsi yang sangat kuat dalam interaksi sosial, misalnya pantun masih bagus digunakan untuk berkomunikasi dalam kelompok gaul.
  • Pantun juga dapat menunjukkan kecepatan dalam penalaran dan permainan kata, dan secara umum peran sosial Pantun adalah untuk meningkatkan penyampaian pesan.
  • Pantun dapat menjunjung tinggi media budaya sekaligus memperkenalkan nilai-nilai tradisional.