Bahasa negara ialah bahasa indonesia terdapat dalam pasal 36.

Bahasa negara ialah bahasa indonesia terdapat dalam pasal

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang sebuah soal yang menarik yaitu “Bahasa negara ialah bahasa indonesia terdapat dalam pasal”.

 

Dalam menjaga identitas kebangsaan dan memperkuat persatuan, bahasa negara memegang peran yang sangat penting. Di Indonesia, Bahasa Indonesia telah dijadikan bahasa negara yang diakui dan diatur dalam beberapa pasal penting. Tulisan ini akan mengulas tentang keberadaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang tercantum dalam pasal-pasal perundang-undangan.

 

Mari kita simak bersama kunci jawabannya yang bisa Anda jadikan referensi

 

Daftar Isi

Soal

Bahasa negara ialah bahasa indonesia terdapat dalam pasal

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Bahasa negara ialah bahasa indonesia terdapat dalam pasal 36.

 

Pembahasan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) mengatur berbagai hal yang menyangkut Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan.

 

Pada Bab XV Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, Pasal 35 disebutkan bahwa Bendera Negara Indonesia ialah Sang Merah Putih. Kemudian Pasal 36 menyebutkan bahwa Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.

 

Selanjutnya Pasal 36A menyebutkan bahwa Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, dan dalam Pasal 36B diatur tentang Lagu Kebangsaan ialah Indonesia Raya.

 

Keempat Pasal tersebut merupakan pengakuan sekaligus penegasan negara dalam hal penentuan secara resmi pengunaan simbol dan identitas bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga:  Pasal 27 ayat 3 menjelaskan bahwa warga negara berhak dalam usaha

Check Also

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Contoh kewajiban warga negara dalam bidang pendidikan adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi contoh kewajiban warga …