Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan

Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan

Pertanyaan

Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan

 

Jawaban

Kunci jawaban soal Jelaskan secara singkat manajemen pengelolaan hutan:

Manajemen Pengelolaan hutan adalah kegiatan memanfaatkan potensi hutan dengan baik dengan tetap menjaga kelestarian aspek ekologi dan ekologi.

 

Pengelolaan dilakukan agar diperoleh pemanfaatan yang lebih optimal dan berkelanjutan. Hutan dapat digunakan di semua jenis hutan kecuali untuk cagar alam dan konservasi. Berbagai upaya pemanfaatan hasil hutan meliputi kegiatan budidaya, pemeliharaan, pemanenan dan pengolahan.

 

Pembahasan

Pengelolaan hutan adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan dan pemanfaatan hutan untuk mencapai tujuan lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya yang terpadu.

 

Pengelolaan hutan sangat penting karena hutan tidak dapat tumbuh dengan cepat. Pohon membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menjadi besar, bahkan ratusan tahun. Oleh karena itu, pelestarian hutan sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem menjadi lebih baik.

 

Dalam pengelolaan hutan dengan strategi perhutanan sosial dimodifikasi sesuai dengan karakteristik tipe lahan hutan, fungsi hutan, kondisi daerah aliran sungai, ekonomi sosial budaya, kelembagaan masyarakat termasuk hutan adat dan batas administrasi pemerintahan, yang berbeda dengan sistem tradisional ( pengelolaan kayu), yang memiliki perbedaan.

 

Tujuan pengelolaan hutan tidak hanya untuk menghasilkan kayu pertukangan, tetapi untuk memanfaatkan sumber daya hutan untuk semua jenis hasil hutan yang dapat diproduksi di tempat-tempat yang bervariasi menurut lokasi.

Baca Juga  Dampak apakah yang ditimbulkan dari penggunaan ac dan lemari es