Hukum kekekalan massa dikemukakan oleh Antoine Lavoisier pada tahun 1789.

Hukum kekekalan massa dikemukakan oleh

Artikel ini akan memberikan pembahasan dan kunci jawaban soal hukum kekekalan massa dikemukakan oleh

 

Soal

Hukum kekekalan massa dikemukakan oleh

A. Avogadro

B. Proust

C. Dalton

D. Berzelius

E. Lavoisier

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Hukum kekekalan massa dikemukakan oleh Lavoiser (Jawaban E)

 

Pembahasan

Pengertian Hukum Kekekalan Massa

Hukum kekekalan massa dirumuskan oleh Antoine Lavoisier pada tahun 1789. Karena hasil ini, ia sering disebut bapak kimia modern.

 

Hukum kekekalan massa atau hukum Lavoisier adalah hukum yang mengatakan bahwa massa sistem tertutup adalah konstan, bahkan jika proses yang berbeda terjadi dalam sistem (dalam sistem tertutup, massa suatu zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama (tetap/konstan)).

 

Pernyataan yang umum digunakan tentang hukum kekekalan massa adalah bahwa massa dapat berubah bentuk, tetapi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Dalam proses kimia, dalam sistem tertutup, massa reaktan harus sama dengan massa produk.

 

Hukum kekekalan massa banyak digunakan dalam bidang-bidang seperti kimia, teknik kimia, mekanika dan dinamika fluida. Berdasarkan relativitas, kekekalan massa adalah pernyataan kekekalan energi. Massa partikel standar dalam sistem sesuai dengan energi gerak pusatnya.

 

Dalam beberapa kasus radiasi, massa diubah menjadi energi. Ini terjadi ketika suatu benda diubah menjadi energi kinetik/energi potensial dan sebaliknya. Karena massa dan energi berhubungan, sejumlah kecil massa dibuat/dihilangkan oleh sistem dalam sistem yang menerima/menerima energi.

 

Akan tetapi, untuk hampir semua peristiwa yang melibatkan perubahan energi, hukum kekekalan massa dapat digunakan karena massa yang berubah sangat kecil.

 

Aplikasi Hukum Kekekalan Massa

Hukum kekekalan massa dapat diaplikasikan dalam tempat tertutup dan tidak ada reaksi yang dapat keluar dari tempat tersebut. Kemudian jumlah kedua zat sebelum dan sesudah reaksi masih dalam kondisi yang sama.

Baca Juga:  Sebuah balok yang massanya 4 kg ditarik oleh gaya sebesar 24 n percepatan yang dialami benda sebesar adalah

 

Contoh : apabila suatu kertas dibakar ditempat tertutup, maka massa seluruh sebelum reaksi sama dengan massa total setelah terjadinya reaksi kimia.

Check Also

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena Letak kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi kutub magnet batang …