Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena Letak kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena

 

Untuk menjawab soal seperti ini, sebaiknya kamu mempelajari materi yang telah diajarkan sebelumnya  supaya lebih memudahkan untuk mengerjakan.

 

Tetapi apabila tetap kesulitan dalam menjawab soal yang ini, tenang saja karena jawaban dan pembahasan yang kami ambil dari berbagai referensi terpercaya akan kami berikan dalam artikel ini.

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena

A. Letak kutub magnet bumi berada di kutub utara bumi

B. Letak kutub utara bumi berada di sekitar kutub utara bumi

C. Letak kutub bumi berada di kutub magnet bumi

D. Letak kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi

 

Kunci Jawaban

Kutub magnet batang dalam keadaan bebas selalu menunjuk ke arah utara dan selatan bumi karena Letak kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi (jawaban D)

 

Pembahasan

Magnet merupakan objek yang memiliki medan yang mampu menarik dan menjauhkan objek lain. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub selatan dan kutub utara.

 

Kutub utara magnet selalu menghadap ke arah utara Bumi, sementara kutub selatan magnet selalu menghadap ke arah selatan Bumi. Pertanyaannya, mengapa kutub magnet selalu terarah ke utara dan selatan? Jawabannya terletak pada pengaruh medan magnet Bumi.

Baca Juga:  Hubungan antara tekanan, gaya dan luas bidang tekan, berikut ini yang tidak sesuai adalah

 

Penemuan medan magnet Bumi dilakukan pada tahun 1600 oleh ilmuwan Inggris terkemuka, William Gilbert. Gilbert berpendapat bahwa Bumi bertindak seperti batang magnet raksasa yang memengaruhi semua benda magnet di Bumi.

 

Berdasarkan informasi dari NASA, inti Bumi dianggap sebagai elektromagnet padat yang dikelilingi oleh inti cair (besi dan nikel cair) dengan aliran arus listrik di dalamnya. Arus listrik pada inti cair ini menghasilkan medan magnet Bumi yang sangat kuat yang meliputi seluruh Bumi dan wilayah luar angkasa di sekitarnya.

 

Magnet menunjukkan sifat tarik-menarik ketika berdekatan dengan kutub yang berlawanan, dan sifat tolak-menolak ketika berdekatan dengan kutub yang sama.

 

Mungkin muncul pertanyaan, seharusnya kutub utara magnet tidak seharusnya mengarah ke selatan Bumi? Namun, menurut NASA Image Science Center, arah utara Bumi sebenarnya merupakan kutub selatan magnet Bumi, dan sebaliknya, arah selatan Bumi adalah kutub magnet utara Bumi.

 

Jadi, kutub utara magnet selalu menghadap ke arah utara Bumi karena tertarik oleh kutub magnet selatan Bumi. Demikian pula, kutub selatan Bumi sebenarnya adalah kutub magnet utara Bumi, sehingga kutub selatan magnet selalu tertarik ke arah selatan.

Check Also

Arah aliran pada konveksi secara berurutan adalah Air yang Panas keatas dan air yang dingin kebawah

Arah aliran pada konveksi secara berurutan adalah

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi arah aliran pada …