Panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda disebut

Panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda disebut

Panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda disebut

A. Perpindahan

B. Jarak

C. Kelajuan

D. Kecepatan​

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Kunci Jawaban

Panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda disebut jarak (Jawaban B).

 

Pembahasan

Pengertian Gerak

Gerak adalah perubahan posisi (kedudukan) suatu benda terhadap sebuah acuan tertentu. Perubahan letak benda dilihat dengan membandingkan letak benda tersebut terhadap suatu titik yang diangggap tidak bergerak (titik acuan), sehingga gerak memiliki pengertian yang relative atau nisbi.

 

Pengertian Perpindahan

Perpindahan adalah perubahan posisi benda dari posisi awal ke posisi akhir. Perpindahan direpresentasikan dengan lambing Δr untuk gerak dua dimensi atau Δx jika geraknya satu dimensi pada sumbu x saja. Besarnya perpindahan dapat dihitung dengan cara vektor,Δr = r2 – r1 atau Δx = x2 – x1 untuk gerak satu dimensi. Perpindahan harus dapat mengandung dua unsur, yaitu panjang dan arah.

Contoh perpindahan

 

Apabila A dan B bertukar posisi, untuk bertukar posisi tersebut masing-masing menjalani perpindahan yang berbeda. Orang A berpindah sejauh 5 m, diperoleh dari 3m – (-2m) = 5m. Sedangkan orang B berpindah sejauh -2m – 3 m = -5 m. Tanda positif (+) pada perpindahan A menunjukkan bahwa A berpindah ke kanan dann tanda negatif (-) pada perindahan B menunjukkan bahwa B berpindah ke kiri.

 

Pengertian Kecepatan

Kecepatan adalah besaran yang mendeskripsikan keadaan gerak benda. Dengan mencermati besaran kecepatan suatu benda pada suatu saat tertentu, dapat diketahui apakah suatu benda bergerak atau tidak dan bergeraknya ke mana. Selain itu apabila pencermatan terhadap kecepatan benda dilakukan dalam selang waktu tertentu maka dapat diketahui apakah benda yang diamati bergerak makin cepat atau makin lambat.

Baca Juga  Apakah cabang ilmu sains yang mereka geluti?

 

Pengertian Percepatan

Percepatan rata-rata (𝑎̅) didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dibagi waktu yang diperlukan untuk perubahan tersebut.

 

Pengertian Jarak

Jarak adalah Panjang seluruh lintasan yang ditempuh suatu objek, sedangkan perpindahan adalah Panjang lintasan lurus yang diukur dari posisi awal ke posisi akhir objek. Perpindahan memiliki besar dan arah.