Jumlah babak dalam pertandingan pencak silat adalah 3 babak untuk usia remaja dan dewasa. Adapun, lama pertandingan pencak silat untuk satu babak adalah dua menit dengan jeda istirahat antarbabak selama satu menit.

Jumlah babak dalam pertandingan pencak silat adalah

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal jumlah babak dalam pertandingan pencak silat adalah

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Jumlah babak dalam pertandingan pencak silat adalah

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Jumlah babak dalam pertandingan pencak silat adalah 3 babak untuk usia remaja dan dewasa. Adapun, lama pertandingan pencak silat untuk satu babak adalah dua menit dengan jeda istirahat antarbabak selama satu menit.

 

Pembahasan

Pencak silat merupakan seni beladiri warisan bangsa yang merupakan hasil karya secara turun menurun dari budaya bangsa indonesia.

 

Dalam perkembangannya hingga saat ini pencak silat tidak hanya digunakan sebagai alat untuk membela dan mempertahankan diri saja tetapi sudah menjadi suatu olahraga prestasi yang dipertandingkan baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

 

Pencak silat terbagi ke dalam beberapa kategori yaitu kategori tanding, tunggal, ganda dan regu. Semua kategori mempunyai peraturan dan ciri khas masing-masing.

 

Kategori tanding adalah pertandingan Pencak Silat yang menampilkan 2 (dua) orang Pesilat dari kubu yang berbeda. Keduanya saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan yaitu menangkis, mengelak, mengena, menyerang pada sasaran dan menjatuhkan lawan menggunakan taktik dan teknik bertanding.

 

Babak pertandingan dan waktu remaja dan dewasa pertandingan dilangsungkan dalam 3 (tiga) babak. Tiap babak terdiri atas 2 (dua) menit bersih.

 

Diantara babak diberikan waktu istirahat 1 (satu) menit. Waktu ketika wasit menghentikan pertandingan tidak termasuk waktu bertanding. Perhitungan terhadap pesilat yang jatuh karena serangan yang sah, tidak termasuk waktu bertanding.

 

Usia dini dan pra remaja pertandingan dilangsungkan dalam 2 (dua) babak. Tiap babak terdiri atas 1,5 (satu setengah) menit bersih.

Baca Juga:  Tulislah tujuan dari gerakan lanjutan dalam olahraga tolak peluru

 

Diantara babak diberikan waktu istirahat 1 (satu) menit. Waktu ketika Wasit menghentikan pertandingan tidak termasuk waktu bertanding.

 

Perhitungan terhadap pesilat yang jatuh karena serangan yang sah, tidak termasuk waktu bertanding.

Check Also

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali Radslag, Guling depan

Gerakan senam lantai berikut dapat dilakukan di atas peti lompat kecuali

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi gerakan senam lantai …