Rentang usia dari 15-64 tahun berkaitan dengan suatu perekonomian merupakan usia 15-64 tahun karena termasuk dalam usia produktif.

Rentang usia dari 15-64 tahun berkaitan dengan suatu perekonomian merupakan usia

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal rentang usia dari 15-64 tahun berkaitan dengan suatu perekonomian merupakan usia

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Rentang usia dari 15-64 tahun berkaitan dengan suatu perekonomian merupakan usia

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Rentang usia dari 15-64 tahun berkaitan dengan suatu perekonomian merupakan usia 15-64 tahun karena termasuk dalam usia produktif.

 

Pembahasan

Menurut Kemenkes RI tahun 2017 masyarakat dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu kelompok usia muda (<15 tahun), kelompok usia produktif dengan rentang usia (15-64 tahun), dan masyarakat usia non produktif (>65 tahun).

 

Kelompok usia 0-14 tahun dianggap sebagai masyarakat yang belum produktif secara ekonimis. Usia produktif merupakan usia kerja yang bisa menghasilkan barang dan jasa.

 

Pada rentang usia 15-64 tahun tersebut banyak orang yang menyelesaikan pendidikan formalnya, mencari, membangun karier, membangunsebuah keluarga, aktif terlibat didalam pembangunan komunitas dan sebagainya (McKenzie dkk, 2006).

 

Pengaruh Usia Produktif terhadap Perekonomian suatu Negara

  1. Meningkatnya Jumlah Tenaga Kerja

Mengingat usia produktif yang penuh semangat bekerja, tentu akan menambah jumlah tenaga kerja. Jika jumlah usia produktif terus meningkat, berarti tenaga kerja di suatu negara dapat didominasi oleh kelompok usia produktif. Oleh karena itu, pekerja pada usia ini harus dikelola dengan baik.

Baca Juga:  Menjadi jalur perdagangan merupakan dampak positif negara maritim di bidang

 

  1. Pemanfaatan Teknologi Berbasis untuk Kegiatan Ekonomi

Kelompok usia produktif saat ini merupakan bagian dari generasi milenial dan generasi Z yang erat kaitannya dengan dunia digital saat ini. Setiap aktifitas dan kegiatan yang dilakukan sehari-hari tidak lepas dari akses dunia digital. Mulai dari mencari informasi, belajar, bekerja, hiburan, transaksi jual beli, dan masih banyak lagi lainnya.

 

  1. Membangkitkan Peluang Bisnis atau Bisnis Startup

Pengaruh yang diberikan oleh kelompok usia produktif ini merupakan kelanjutan dari penggunaan dunia digital. Dimana, saat ini banyak perusahaan yang bergerak di bidang tertentu dengan memanfaatkan kehadiran digital. Perusahaan ini dikenal sebagai startup atau startup berbasis digital.

 

  1. Lahirnya Beberapa Inovasi Terbaru

Kelompok usia produktif dikenal sebagai penggagas ide kreatif. Dengan memanfaatkan keunggulan tersebut, perekonomian suatu negara dapat ditingkatkan kembali dengan inovasi-inovasi terkini. Mulai dari menciptakan beberapa teknologi yang memberikan banyak manfaat, kegiatan kreatif, dan masih banyak lagi lainnya.

 

  1. Menghasilkan Peluang Kerja Baru

Melalui ide-ide inovatif, usia produktif juga dapat melahirkan berbagai peluang kerja, usaha, dan profesi baru. Apalagi, peluang bisnis atau profesi baru ini biasanya lahir dari hobi yang mereka sukai. Misalnya, jika seseorang suka bermain game konsol, mereka dapat membuat konten tentang game dan mendistribusikannya melalui platform seperti YouTube. Maka lahirlah Youtuber.

 

  1. Mendorong Pemerintah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Kesehatan

Untuk mendukung berjalannya roda perekonomian suatu negara, kualitas pendidikan dan kesehatan menjadi beberapa hal yang harus diperhatikan. Kelompok usia produktif yang berpengaruh terhadap perekonomian negara tentunya harus diperhatikan kualitas pendidikan dan kesehatannya. Negara dapat mengoptimalkan pengelolaan kelompok usia produktif untuk membantu perekonomian negara.

Check Also

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah Mendapat pasar konsumen

Pengujian produk mempunyai beberapa kegunaan. Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan dari pengujian produk, adalah

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu pengujian …