Pihak yang paling berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia

Pihak yang paling berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia

Pihak yang paling berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

 

Jawaban

Pihak yang paling berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia adalah pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi secara umum, yaitu perorangan atau badan yang terlibat dalam proses kegiatan ekonomi dalam sistem perekonomian di Indonesia.

 

Pembahasan

Setiap pelaku ekonomi memiliki perannya masing-masing. Menurut Cambridge Dictionary, Pelaku ekonomi adalah seseorang, perusahaan, atau organisasi yang memiliki pengaruh terhadap motif ekonomi dengan memproduksi, membeli, atau menjual.

 

Sementara menurut Longman Business Dictionary, Definisi pelaku ekonomi adalah seseorang, perusahaan, dan lain-lain yang berdampak pada ekonomi suatu negara, misalnya dengan membeli, menjual, atau berinvestasi. Simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai jenis-jenis pelaku ekonomi dan perannya berikut ini:

 

Jenis-Jenis Pelaku Ekonomi

Pelaku ekonomi di Indonesia jika digolongkan berdasarkan jenisnya terbagi menjadi rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah. Ketiganya memiliki peran yang berbeda-beda.

 

  1. Rumah tangga

Merupakan pelaku ekonomi yang paling sederhana yang terdiri dari anggota keluarga, ayah, ibu, anak. Tujuan nya adalah mencapai kebahagian dan kesejahteraan hidup.

 

  1. Perusahaan

Organisasi usaha yang memiliki tujuan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Perusahaan biasanya didirikan oleh lembaga yang memiliki faktor produksi, inilah yang disebut badan usaha.

 

  1. Pemerintah

Pemerintah mempunyai peran sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi agar kegiatan ekonomi menjadi lebih terarah dan mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

 

  1. Masyarakat luar negeri

Semua negara melakukan perdagangan dengan negara lain karena adanya perbedaan barang dan jasa yang diproduksi dan tidak semua barang yang dibutuhkan dapat diproduksi di dalam negeri. Kelebihan barang dan jasa yang diproduksi akan dijual ke luar negeri.