Seorang pemain teater membutuhkan riasan untuk memperkuat karakter tokoh yang diperankannya. Hal ini menjadi tugas tim

Dalam artikel ini akan membahas dan memberikan jawaban soal seorang pemain teater membutuhkan riasan untuk memperkuat karakter tokoh yang diperankannya. Hal ini menjadi tugas tim

 

Berikut ini pembahasan dan jawaban yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Soal

Seorang pemain teater membutuhkan riasan untuk memperkuat karakter tokoh yang diperankannya. Hal ini menjadi tugas tim

 

✅ Jawaban Terverifikasi Ahli

Jawaban

Seorang pemain teater membutuhkan riasan untuk memperkuat karakter tokoh yang diperankannya. Hal ini menjadi tugas tim tata rias dan tata busana.

 

Pembahasan

Dalam seni pertunjukan, Tata rias dan tata busana adalah dua elemen yang paling penting. Riasan terkait dengan riasan pemain, sedangkan fashion terkait dengan pakaian pemain.

 

Tata rias tidak lepas dari tata busana dan menjadi bagian tak terpisahkan dari drama. Terkadang dalam seni pertunjukan, tata rias dan kostum adalah hal yang paling diperhatikan. Karena dua hal ini sama sekali tidak boleh menyimpang dari topik.

 

Fungsi Tata Rias dan Tata Busana Dalam Teater

Tata rias dan tata busana memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Berikut penjelasan keduanya:

 

Tata Rias

Mengutip dari buku Diktat Dramaturgy (1988) karya Harimawan, make up adalah seni menggunakan bahan make up untuk mengubah bentuk wajah yang natural menjadi artistik. Makeup show ini bukan makeup sehari-hari, jadi harus disesuaikan dengan tema acara yang akan dibawakan.

 

Selain itu, perencanaan aktor dan penonton biasanya berjauhan, sehingga para ahli kecantikan fokus untuk menyenangkan penonton. Kosmetik bertujuan untuk mengubah wajah normal menjadi wajah role-playing. Riasan merupakan salah satu sarana untuk memperkuat akting dan menghidupkan lakon.

Baca Juga:  Tulisan yang merangkum semua cerita yang terdapat dalam drama teater dinamakan

 

Tata Busana

Busana adalah perlengkapan yang digunakan oleh tubuh, baik yang terlihat maupun tidak langsung terlihat dalam pertunjukan. Dalam seni pertunjukan tata letak merupakan hal pertama yang dilihat penonton atau penonton dalam sebuah pertunjukan dramatik.

 

Tujuan dari busana dalam drama adalah untuk menciptakan perwujudan peran. Tugas utamanya adalah memperkuat representasi untuk membangkitkan kekuatan ilusi dan menghidupkan lakon.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …