Seorang peneliti ingin mengetahui starta sosial ekonomi suatu masyarakat. agar tiap kelompok dapat terwakili, maka teknik pengembilan sampel yang tepat yaitu Sampling berkelompok

Seorang peneliti ingin mengetahui starta sosial ekonomi suatu masyarakat. agar tiap kelompok dapat terwakili, maka teknik pengembilan sampel yang tepat yaitu

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas dan memberikan kunci jawaban sebuah soal yaitu seorang peneliti ingin mengetahui starta sosial ekonomi suatu masyarakat. agar tiap kelompok dapat terwakili, maka teknik pengembilan sampel yang tepat yaitu

 

Berikut ini kunci jawaban dan pembahasannya yang bisa Anda jadikan referensi.

 

Daftar Isi

Soal

Seorang peneliti ingin mengetahui starta sosial ekonomi suatu masyarakat. agar tiap kelompok dapat terwakili, maka teknik pengembilan sampel yang tepat yaitu

A. Sampling acak sederhana

B. Sampling sistematis

C. Sampling berstrata

D. Sampling berkelompok

E. Sampling secara kebetulan

 

Kunci Jawaban

Seorang peneliti ingin mengetahui starta sosial ekonomi suatu masyarakat. agar tiap kelompok dapat terwakili, maka teknik pengembilan sampel yang tepat yaitu Sampling berkelompok (jawaban D)

 

Pembahasan

Sampling berkelompok, juga dikenal sebagai stratified sampling dalam bahasa ilmiah, adalah metode pengambilan sampel yang digunakan dalam statistika dan penelitian.

 

Metode ini melibatkan pembagian populasi besar menjadi kelompok-kelompok yang disebut strata berdasarkan karakteristik tertentu, seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, atau lokasi geografis. Setiap stratum kemudian dianggap sebagai populasi kecil yang independen.

 

Dari masing-masing strata ini, sampel dipilih secara acak, yang kemudian digabungkan untuk membentuk sampel representatif dari populasi besar.

 

Sampling berkelompok digunakan ketika peneliti ingin memastikan bahwa berbagai kelompok dalam populasi diperlakukan secara adil dan bahwa setiap kelompok memiliki representasi yang memadai dalam sampel. Hal ini memungkinkan analisis yang lebih mendalam dan hasil yang lebih representatif daripada sampling acak sederhana.

 

Sampling berkelompok membantu meminimalkan bias yang mungkin muncul ketika kelompok-kelompok tertentu dalam populasi tidak diwakili dengan baik dalam sampel.

Baca Juga:  Berikut ini merupakan tujuan dibuatnya teks ulasan, kecuali

 

Dalam kasus penelitian sosial ekonomi, seperti yang disebutkan dalam pertanyaan sebelumnya, penggunaan sampling berkelompok dapat membantu memahami perbedaan status sosial ekonomi antar kelompok penduduk dengan cara yang lebih mendalam dan akurat.

 

Dengan demikian, pengambilan sampel berkelompok adalah alat penting dalam analisis statistik dan penelitian ilmiah.

Check Also

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Sebutkan unsur-unsur pendukung dalam membuat reklame

Pada artikel kali ini, akan membahas jawaban untuk sebuah pertanyaan yang berbunyi sebutkan unsur-unsur pendukung …